Agus Istiqlal Minta Dispar-DLH Bersihkan Sampah Labuhan Jukung 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bupati Pesisir Barat (Pesbar), Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H, M.H., minta Dinas Pariwisata (Dispar) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) segera membersihkan sampah di pantai Labuhan Jukung, Kecamatan Pesisir Tengah.

Bahkan, orang nomor satu di Bumi Para Saibatin dan Para Ulama itu minta agar kedua instansi itu menyiapkan alat berat untuk membersihkan kayu-kayu besar di pantai itu. Pasalnya, saat musim gelombang tinggi banyak jenis sampah yang menumpuk di pantai termasuk kayu yang berukuran besar.

Bacaan Lainnya

“Wilayah perairan laut Pesbar ini merupakan muara sungai, sehingga tidak heran kalau banyak sampah yang menumpuk di pantai saat gelombang tinggi terjadi,” kata dia.

Dijelaskannya, sebagian besar sungai di kabupaten setempat bermuara langsung ke laut, jadi tidak heran jika banyak ditemukan ranting-ranting pohon, pohon besar yang terbawa gelombang dari tengah laut ke pantai.

“Sampah-sampah kayu itu berasal dari sungai yang ada di kabupaten ini, saat musim hujan terbawa aliran sungai hingga ke muara, dan saat gelombang tinggi terbawa ombak ke pantai,” jelasnya.

Menurutnya, kondisi itu tidak dapat dihindari, karena penyebabnya merupakan alam langsung, jadi sampah yang ada di sepanjang pantai itu, terutama sampah besar agar segera dibersihkan.

“Supaya tempat wisata ini tetap indah dan bisa dinikmati pengunjung, tugas kita bersama-sama membersihkannya dari sampah, sehingga tetap bersih dan indah,” terangnya.

Untuk diketahui, saat musim angin barat, gelombang tinggi yang terjadi kerap membawa sampah dari laut ke pantai, kondisi itu berlangsung setiap tahun, terutama saat akhir tahun seperti sekarang. (ygi/d1n/mlo)

Pos terkait