Agus Istiqlal Sampaikan Potensi Wisata Pesbar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Bupati Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) Dr. Drs. Hi. Agus Istiqlal, S.H., memberikan materi kepada puluhan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dari 38 perguruan tinggi di Indonesia di Gedung Pascasarjana FEB Unila, Selasa (3/12).

Kegiatan itu dalam rangka pertemuan BEM FEB se Indonesia dengan tema “Indonesia Berdialog”, dan Bupati Pesbar Hi. Agus Istiqlal berkesempatan menjadi salah satu Pembicaranya.

Bacaan Lainnya



Dalam kesempatan itu, Agus Istiqlal mengatakan, perjuangan untuk mengembangkan potensi wisata di Pesisir Barat tidaklah mudah. Mulai dari memperjuangkannya di Pemerintah Provinsi hingga pemerintah pusat.

“Berkat perjuangan dan doa masyarakat Pesbar hingga akhirnya Krui bisa menjadi tuan rumah kejuaraan surfing internasional, yang secara otomatis menjadikan Krui terkenal di mata nasional dan internasional,” kata dia.

Agus Istiqlal juga mengatakan, banyak destinasi wisata yang berlokasi di Pesisir Barat, mulai dari Pantai Tanjung Setia, Pantai Labuhan Jukung, Pulau Pisang, dan Gua Matu. Hingga sejumlah destinasi wiata alam lainnya seperti perkebunan damar.

“Banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi wisatawan saat berada di Pesisir Barat, tidak hanya wisata pantainya, tapi banyak wisata alam dan budaya di Kabupaten Pesisir Barat,” jelasnya.

Menurutnya, Pesisir Barat memiliki beberapa program untuk pengembangan pariwisata, seperti program pengembangan destinasi pariwisata, dari sarana dan fasilitas di tempat wisata. Kemudian, program pengembangan pemasaran pariwisata dimana pemerintah maupun pihak terkait untuk mengedukasi masyarakat agar bisa menerima turis atau wisatawan luar negeri dengan perbedaan kultur.

“Lalu program pelestarian kebudayaan daerah, program pengembangan pemberdayaan dan SDM pariwisata, serta pengembangan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Ditambahkannya, dengan potensi wisata yang ada, diharapkan Kabupaten Pesisir barat semakin dikenal oleh wisatawan mancanegara dan domestik, dengan begitu jumlah kunjungan wisatawan bisa terus meningkat.

“Berbagai upaya telah dilakukan dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata di Pesbar, mulai dari kegiatan promosi, peningkatan prasana, hingga event seperti festival teluk stabas dan krui pro juga telah dilaksanakan,” pungkasnya. (yog/d1n/mlo)



Pos terkait