Agus Istiqlal Serahkan Bantuan BRS dan BSPS

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) melaksanakan kegiatan penyerahan secara simbolis Bantuan Rumah Swadaya (BRS) dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) ke masyarakat penerima manfaat di Balai Pekon Sukanegara Kecamatan Pesisir Tengah, pada Senin (27/7) kemarin.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Pesbar Dr. Drs. Hi. Agus Istiqlal, S.H, M.H., Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Syamsu Hilal, S. Sos., Kadis PRKP. Ir. Arman Achyuni., sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan masyarakat penerima manfaat.

Bacaan Lainnya



Dalam kesempatan itu,  Agus Istiqlal mengatakan bantuan rumah swadaya diberikan pemerintah pusat melalui DAK bidang perumahan merupakan program yang diamanatkan oleh undang-undang, khususnya undang-undang No.1/2011 tentang perumahan dan kawasan permukiman.

“Selain itu sebagai wujud nyata perhatian pemerintah pusat kepada masyarakat dalam bentuk bantuan rumah swadaya dan bantuan stimulan perumahan swadaya yang dilaksanakan di Kabupaten Pesbar,” kata dia.

Dijelaskannya, jumlah penerima bantuan rumah swadaya sebanyak 265 rumah dengan anggaran Rp 4.864.173.000., dan bantuan stimulan perumahan swadaya dengan penerima sebanyak 250 rumah dan anggaran Rp4.375.000.000., 

“Dengan begitu Sebanyak 515  rumah yang akan menerima bantuan itu tersebar di tiga Kecamatan Pesisir Tengah, Ngambur dan Kecamatan Ngaras dengan total anggaran mencapai Rp9.239.173.000., dengan rincian rumah diberikan dana sebesar Rp17.500.000,” jelasnya

Menurutnya, bantuan rumah swadaya itu merupakan salah satu program unggulan pemerintah pusat untuk pengentasan kemiskinan khususnya bidang perumahan. Pelaksanaan bantuan ini harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada.

“Bantuan ini adalah bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat, bantuan ini harus mencerminkan budaya gotong royong khususnya sesama penerima bantuan dan masyarakat pada umumnya,” terangnya.

Ditambahkannya, bantuan itu bersifat stimulan atau rangsangan bagi penerima untuk dapat membangun rumah yang layak bagi keluarganya. Sesuai dengan pepatah mengatakan “rumahku surgaku”, artinya bangunlah rumah agar dapat membentuk keluarga yang sakinah mawaddah warohmah.

“Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi program kegiatan yang telah terlaksana pada tahun-tahun sebelumnya, untuk itu perlu adanya peningkatan kualitas kerja, baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan dalam pembangunan daerah dalam setiap kegiatan,” ujarnya.

Selain itu, Agus Istiqlal juga berharap dengan adanya program BRS dan BSPS agar selalu mendapat dukungan dari semua pihak. Pemkab Pesbar sangat mendukung setiap kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, terlebih program padat karya secara umumnya dan Program BRS dan BSPS.

“Saya sangat berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik, optimal dan tepat sasaran kepada masyarakat. DPRKP agar memfasilitasi dan mengawal kegiatan ini agar sukses dalam pelaksanaannya,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)



Pos terkait