Agus Istiqlal Tinjau Kesiapan Tahun Ajaran Baru

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bupati Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Dr. Drs. Hi. Agus Istiqlal, S.H, M.H., didampingi Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Drs. Jon Edwar, M. Pd., dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pesbar, meninjau kesiapan satuan pendidikan dalam menyambut tahun ajaran baru.

Peninjauan kesiapan satuan pendidikan dalam menyambut tahun ajaran baru di tengah pandemi Covid-19 itu dilaksanakan di SDN 1 Krui, dan SMPN 2 Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, Senin (13/7).

Bacaan Lainnya



Plt. Kadisdikbud, Jon Edwar, dalam laporannya mengatakan pada tahun ajaran baru di tengah masa pandemi Covid-19, siswa yang masuk sekolah hanya siswa baru, itu juga hanya berlangsung beberapa hari.

“Kalau tingkat SD hanya kelas I sedangkan untuk kelas II hingga kelas VI melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online, sedangkan SMP hanya kelas untuk VII, sedangkan untuk kelas VII dan IX KBM dilaksanakan di rumah,” ungkapnya.

Menurutnya, masuknya siswa baru kesekolah maksimal berlangsung selama tiga hari atau biasa disebut dengan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), hal itu dimaksudkan agar siswa baru bisa mengetahui lingkungan sekolah masing-masing.

“Tujuannya agar pihak sekolah bisa melakukan tahap pengenalan, penyampaian modul, dan penyampaian standar operasional masing-masing satuan pendidikan, setelah tiga hari masuk sekolah, selebihnya siswa baru tersebut melakukan aktivitas belajar dari rumah,” ujarnya.

Sementara itu, dalam pengarahannya Agus Istiqlal menyampaikan bahwa saat ini satuan pendidikan masing-masing wilayah mulai mempersiapkan berbagai tahapan memasuki tahun ajaran baru yang akan segera berlangsung, meski di tengah pandemi Covid-19.

“Pandemi ini adalah peringatan bagi kita semua. Covid-19 sama sekali tidak terlihat, dan korbannya lebih banyak. Maka dari itu mari kita laksanakan tahapan pendidikan dengan tetap menjaga kesehatan sesuai dengan imbauan yang sudah sejak lama digaungkan pemerintah,” kata dia.

Pada kesempatan itu, Agus Istiqlal mengimbau agar pihak sekolah dengan ketat melakukan pemantauan terhadap anak didiknya dalam melangsungkan KBM yang dilaksanakan di rumah.

“Bagaimanapun juga pelaksanaan belajar dari rumah harus dipantau secara rutin, sehingga anak didik bisa mendapatkan ilmu sesuai harapan kita, kita bersama-sama berdoa agar pandemi ini segera berakhir,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)



Pos terkait