Agus Istiqlal Tinjau Proses Normalisasi Way Saral

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bupati Pesisir Barat (Pesbar), Dr.Drs.Hi.Agus Istiqlal, S.H, M.H., meninjau proses pembersihan dan pengerukan (normalisasi) aliran sungai Way Saral sepanjang lima kilometer yang melintasi tujuh Pekon di Kecamatan Krui Selatan yakni Pekon Mandirisejati, Balaikencana, Padangraya, Waysuluh, Waynapal, Padanghaluan, dan Pekon Lintik, Selasa (22/12).

Dalam kesempatan itu, Bupati Agus Istiqlal, mengatakan bahwa sebelumnya pihaknya minta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) setempat, untuk menganggarkan kegiatan normalisasi di aliran sungai Way Saral yang sudah sangat mendesak untuk ditangani.

Bacaan Lainnya

“Kedepan kita minta agar sisi kanan dan kiri di sungai Way Saral ini harus dibangun dinding beton,” kata Agus.

Selain itu, di bagian muara sungai Way Saral di Pekon Lintik dapat dibangun pintu air. Sehingga, jika ditangani maksimal, diyakininya dapat mengurangi resiko dampak banjir yang kerap terjadi seperti di Pekon Mandiri Sejati dan wilayah lainnya. Artinya, bukan hanya berdampak pada pemukiman warga saja melainkan berdampak pada lahan persawahan warga.

“Dengan adanya normalisasi sungai Way Saral ini, mudah-mudahan kedepan sawah masyarakat seperti di Pekon Mandiri Sejati yang luasnya sekitar 90 Hektare lebih itu dan pemukiman warga tidak lagi terancam banjir saat musim penghujan,” jelasnya.

Dijelaskannya, normalisasi sungai Way Saral di wilayah ini juga bisa memaksimalkan kondisi debit air yang ada, terutama saat musim penghujan. Karena itu, pihaknya juga meminta agar DPUPR setempat agar segera menyusun anggaran untuk pembangunan dinding sungai dan juga pembangunan pintu air di bagian muara sungai tersebut. Sehingga nanti bisa direalisasikan dengan maksimal sesuai harapan.

“Kita yakin, jika kondisi sungai Way Saral ini sudah dilakukan normalisasi dengan maksimal, termasuk dibangun dinding beton tersebut, maka tidak menutup kemungkinan kedepan bisa menjadi spot pemancingan ikan. Bahkan bisa menjadi spot wisata,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait