Ajak Stop BABS, Puskesmas Gencarkan STBM

  • Whatsapp
Pihak Pusekesmas Kebuntebu dan Babinsa bantu warga bikin kakus
Pihak Pusekesmas Kebuntebu dan Babinsa bantu warga bikin kakus

Medialampung.co.id, KEBUNTEBU – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas, Rawat Inap Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), mencanangkan Prilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS), seperti yang saat digencarkan yakni pelaksanan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Pilar pertama yang digencarkan dalam STBM tersebut yakni mencanangkan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Pemicunya dilaksanakan di Lima pekon yang belum Open Defication Free (ODF) yaitu Pekon Purajaya, Pekon Ciptamulya, Pekon Muarajaya I, Pekon Muarajaya II, Dan Pekon Sinarluas.

Bacaan Lainnya



Sedangkan Lima pekon lainnya yang masuk dalam wilayah Kecamatan Kebuntebu, sekarang ini sudah ODF dalam artian tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar sembarangan.

Disampaikan Kepala Puskesmas (Kapus) setempat Hendri Saputra, S.Kep., jika kelima pekon yang saat ini baru saja selesai pemicuan bisa deklarasi ODF maka dipastikan kecamatan kebuntebu 100% ODF. “Kegiatan ini kami laksanakan bersamaan dengan lintas sektor yang ada khususnya Kecamatan Kebuntebu, mulai dari pihak pekon, TNI dan juga lintas sektor lainnya,” ungkapnya.

Lanjut Hendri dengan dilakukan pemicuan diharapkan masyarakat dapat terpacu untuk meningkatkan kesadaran bahwa BABS adalah masalah bersama karena dapat berakibat kepada kesehatan semua masyarakat.

Sekedar diketahui kegiatan itu dilaksanakan pihak puskesmas setempat mulai dari hari Selasa pekan kemarin di Pekon Muarajaya II, lalu dilanjut di Pekon Purajaya, seterusnya di Pekon Ciptamulya, Dan Sabtu di Pekon Muarajaya I, terkahir Minggu (23/6), di Pekon Sinarluas. (rin/mlo)



Pos terkait