Ajang EPP Tingkat Provinsi, Pekon Karang Agung Wakili Lambar 

  • Whatsapp
Kabid Penataan dan Kerjasama Pekon pada DPMP Lambar Desmon Irawan

Medialampung.co.id – Pekon Karang Agung Kecamatan Waytenong akan mewakili Kabupaten Lambar untuk mengikuti evaluasi perkembangan pekon (EPP) tingkat Provinsi Lampung tahun 2021.

“Sesuai dengan hasil penilaian yang dilakukan pada ajang EPP tingkat Kabupaten Lambar, yaitu juara I diraih Pekon Karang Agung Kecamatan Waytenong, juara II Pekon Tanjungraya Kecamatan Sukau dan juara III Pekon Purajaya Kecamatan Kebuntebu,” ungkap Kabid Penataan dan Kerjasama Pekon Desmon Irawan, S.T., mendampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Ir. Noviardi Kuswan, Rabu (21/4).

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, terkait akan dilakukannya penilaian EPP tingkat provinsi tersebut, pihaknya mulai Selasa (20/4) telah turun kelapangan melakukan pembinaan ke tingkat pekon. “Kita sudah mulai melakukan pembinaan ke Pekon Karang Agung terkait dengan indikator penilaian EPP,” ucapnya. 

Adapun indikator EPP tahun 2021, lanjut dia, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI No.81/2015 tentang evaluasi perkembangan pekon dan kelurahan yaitu evaluasi bidang pemerintah pekon meliputi aspek pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat, pekon dan kelurahan berbasis teknologi informasi/E-Government serta pelestarian adat dan budaya.

Lalu, evaluasi bidang kewilayahan pekon meliputi aspek identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana serta pengaturan investasi. Serta evaluasi bidang kemasyarakatan meliputi aspek yakni partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan, serta perangkat kapasitas masyarakat. 

Lebih jauh dia mengatakan, tahapan penyelenggaraan lomba desa dan kelurahan tahun 2021 di Provinsi Lampung akan dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu tahapan I penilaian administrasi, tahapan II pemaparan peserta lomba oleh kepala desa/lurah didampingi oleh ketua TP PKK desa /kelurahan, sekretaris desa dan kelurahan serta waktu pemaparan lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Lampung akan dilaksanakan pada tanggal 24-25 Mei 2021. Kemudian tahapan III klarifikasi lapangan, serta tahapan IV penetapan juara I,II dan III EPP tingkat provinsi. 

“Mudah-mudahan Pekon Karang Agung akan meraih juara pada ajang bergengsi tingkat provinsi tersebut,” harapnya. (lus/mlo)


Pos terkait