Akhir Agustus, E-Samdes Ditarget Mulai Beroperasi

  • Whatsapp
Kepala Bapenda Provinsi Lampung Adi Erlansyah

Medialampung.co.id – Demi memudahkan masyarakat khususnya di Provinsi Lampung yang tinggal di daerah terpencil dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung sedang membuat E-Samdes (Elektronik Samsat Desa).

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Lampung Adi Erlansyah mengatakan E-Samdes yaitu Pembayaran PKB melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ditargetkan dapat beroperasi akhir Agustus.

Bacaan Lainnya

“Saat ini dalam tahap proses persiapan dan masih kita koordinasikan kesiapan BUMDes dan kesiapan dari Bank Lampung, kalo sistemnya sudah kita siapkan. Jadi target kami di akhir Agustus ini sudah bisa berjalan walaupun belum semua BUMDes. Jadi beberapa BUMDes yang sudah siap walaupun belum semua sudah bisa kita mulai,” kata Adi saat dihubungi medialampung.co.id melalui telponnya, Senin (2/8).

Dengan adanya E-Samdes ia juga berharap mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) terutama yang berasal dari sektor pajak kendaraan bermotor.

“Ya ini salah satu upaya agar dapat mendongkrak penerimaan pajak kendaraan bermotor. Bukan hanya tahun ini saja namun juga untuk tahun-tahun selanjutnya,” harapnya.

Adi juga menjelaskan bahwasanya pihaknya juga akan bekerjasama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta unsur yang lainnya untuk mengajak masyarakat membayarkan pajak kendaraan bermotor nya melalui E-Samdes.

“Banyak kendaraan di desa terpencil yang tidak bayar pajak. Jadi nanti ditunjuk admin nya untuk ambil berkas ke Samsat jadi masyarakat hanya menunggu di desa saja tidak perlu ke samsat, Ini juga bisa menghemat waktu dan biaya,” tutupnya. (ded/mlo)


Pos terkait