Akhir April, Lampung akan Menerima Alat Tes PCR

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung juga sebagai Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Reihana.

Medialampung.co.id – Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Lampung, Reihana mengatakan bahwa Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan mengirimkan alat tes polymerase chain reaction (PCR) pada akhir April mendatang.

”Ya, diperkirakan alat itu sampai di Lampung pada 29 atau 30 April mendatang,” ujar Reihana yang juga sebagai Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Bacaan Lainnya



Menurutnya, apabila alat dimaksud sudah tersedia di Lampung, maka pengecekan warga yang diduga terpapar Covid-19 tidak perlu lagi dikirim ke Laboratorium di Palembang atau Jakarta.

“Insya Allah tanggal 29 atau 30 April alatnya sudah sampai, saat ini kami sedang mempersiapkan laboratorium kesehatan daerah sesuai dengan syarat yang harus ada saat alat itu datang,” jelas Reihana.

Lanjut Reihana, pihaknya saat ini sedang melakukan beberapa persiapan. Diantaranya, ruangan yang bertekanan negatif untuk meletakan alat tersebut, Ribonucleic Acid (RNA) Extractor, reagen atau cairan kimia yang ditambahkan untuk melihat reaksi kimia. 

“Meski nanti dapat reagen dari BUMN, tapi mungkin tidak terlalu banyak. Karena itu kita perlu menyiapkan sendiri,” kata Reihana.

Ia menambahkan bahwa saat ini Provinsi Lampung sudah memiliki tiga unit biosafety cabinet (BSC) yang digunakan untuk menyimpan hasil swab tenggorokan, sehingga meminimalisir petugas medis yang mengambil swab ikut tertular. (ded/mlo)



Pos terkait