Akhir Januari, Penyusunan APBP di Batuketulis Ditarget Selesai

  • Whatsapp
Sekcam Batuketulis Nusirwan S.Pd.

Medialampung.co.id – Penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APBP)  tahun 2021 se-Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat ditarget selesai 28 Januari mendatang. Dengan demikian, pencairan Dana Desa (DD) diharapkan tidak ada keterlambatan.

Sekcam Batuketulis Nusirwan, S.Pd, mendampingi Camat Batuketulis Drs. Sutian, S.Pd, M.M,  mengatakan, seluruh peratin diberikan target yang sama agar pencairan DD tahap I bisa dilakukan serentak.

Bacaan Lainnya


“Syarat pencairan DD itu diantaranya adalah penyusunan APBP, laporan realisasi tahun anggaran sebelumnya serta dokumen pendukung lainnya. Dan kami sudah sepakati bersama peratin agar untuk penyusunan APBP ini clear pada minggu keempat bulan januari ini,” kata Nusirwan.

Sebab,  Rencana Kerja Pekon (RKP) sebagai dasar penyusunan APBP telah rampung sejak beberapa waktu lalu. Sehingga untuk menyusun APBP tersebut hanya menyesuaikan dengan pagu dan melengkapi dokumen lainnya.

“Kami menilai sudah tidak ada kendala dalam penyusunan APBP karena para tenaga pendamping desa, pemerintah kecamatan juga membantu memfasilitasinya,” ujarnya.

Kendati demikian, lanjut dia, kecamatan dalam penyusunan sesuai juknis harus tetap menjadi acuan serta dilakukan secara transparan dengan melibatkan seluruh perwakilan masyarakat guna meningkatkan kualitas perencanaan pengelolaan anggaran.

“Tidak lupa kami juga mengingatkan bahwa prioritas DD tahun 2021 untuk pemulihan ekonomi dampak Covid-19 serta untuk desa aman Covid, dan penguatan ekonomi masyarakat desa seperti PKTD, serta wajib untuk BLT-DD,” pesannya.

Sebab, hal tersebut tertuang dalam Permendes No.13/2020, tentang prioritas DD tahun 2021. Kemudian Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang pengelolaan DD. Salah satu poin untuk BLT-DD dan Perbup 57 tentang pedomanan penyusuanan APBPekon tahun 2021.

“Kita optimis target penyusunan APBP ini selesai tepat waktu karena peratin sudah kita minta bekerja dengan cepat dan jangan lupa tetap bersinergi mendukung Pitu program prioritas Pemkab Lambar,” pungkasnya.(edi/mlo)


Pos terkait