Akibat Covid-19, Pelayanan KB Gratis di Gedungsurian Batal Digelar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim terpadu Pemkab Lampung Barat (Lambar) melaksanakan Pelayanan Kesatuan Gerak (Kesrak) TNI Manunggal KB Dan Kesehatan, di Kecamatan Gedungsurian, bertempat di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Bungin Selasa (13/7).

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Lambar selaku leaning sektor kegiatan itu, bersama TNI Kodim 0422/LB, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP), Dinas Kesehatan (Dinkes), Kementerian Agama (Kemenag) dan PKK Kabupaten Lambar. 

Bacaan Lainnya

Ketua Rombongan Kabid Pengendalian Penduduk, Penyuluhan/KIA dan Pergerakan Sopan Sopian, S.Ip,M.M., mendampingi Kadis P2KBP3A, Henry Faisal, S,H, M.H.., mengatakan, dalam kunjungan itu tim terpadu tidak dapat melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat, hal tersebut akibat di kecamatan itu trend wabah virus corona masih tinggi sehingga mencegah terjadinya penularan. 

Dan alat kontrasepsi yang sedianya akan diberikan secara gratis kepada warga diserahkan kepada pihak puskesmas untuk seterusnya kendali ada ditangan puskesmas memberikan pelayanan.

“Perlengkapan KB Gratis Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), yang kami bawa dari liwa, seperti Ayudi, implant atau susuk KB, Pil KB, Kondom, dan NOP dan NOW, kita serahkan kepada pihak puskesmas, nanti mereka yang lebih memahami kondisi dilapangan untuk pelayanan KB gratis,” katanya. 

Sementara ditambahkan Pasiter Kodim 0422/LB kapten Inf Waniran menambahkan. TNI melaksanakan program KB Manunggal sebagai program pemerintah. Dimana TNI membantu pemberdayaan masyarakat untuk menuju keluarga yang bahagia.

“Sekarang kita di zaman modern namun masih banyak keluarga yang belum berencana untuk menuju keluarga yang bahagia. Melalui kegiatan ini sasarannya kesejahteraan masyarakat melalui aksi pengendalian penduduk,” sebutnya. 

Sementara disampaikan Kepala UPT Puskesmas Gedungsurian NS Asminudin, S.Kep., pihak puskesmas akan memanfaatkan waktu yang tepat dalam melakukan pelayanan KB gratis kepada masyarakat.

“Tentunya kita akan melihat kondisi jika memang memungkinkan dalam waktu dekat ini kita akan melaksanakan sebagaimana arahan tim kabupaten,” singkatnya. (r1n/mlo)


Pos terkait