Akibat Cuaca Buruk, Labuhan Jukung Dipenuhi Sampah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Gelombang tinggi yang terjadi di perairan Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), tidak hanya berdampak pada masyarakat nelayan yang tidak dapat melaut, melainkan gelombang tinggi yang terjadi membawa material sampah dari dalam laut, dan mengotori sejumlah titik pantai di kabupaten setempat.

Salah satu titik pantai yang dipenuhi sampah yang terbawa gelombang laut adalah pantai labuhanjukung di Pekon Kampung Jawa, Kecamatan Pesisir Tengah, dampaknya pantai yang menjadi ikon Kabupaten Pesbar itu terlihat lebih kotor.

Bacaan Lainnya



Meski sepanjang pantai itu terlihat kotor, namun belum terlihat upaya dari instasi terkait untuk membersihkan pantai itu agar pengunjung yang datang lebih nyaman saat berada di pantai tersebut

Kadispar Pesbar Drs. Gunawan, M. Si., mengatakan pembersihan sampah yang berserakan di pantai Labuhan Jukung itu sudah dibahas bersama dinas lingkungan hidup, tapi hingga kini belum ada tindak lanjutnya, sehingga kondisi pantai Labuhan Jukung masih tetap dipenuhi sampah.

“Sampah yang ada di pantai Labuhan Jukung itu, merupakan sampah yang berasal dari sejumlah sungai yang bermuara di laut, saat terjadi gelombang tinggi seperti sekarang ini, sampah-sampah itu akan minggir dan memenuhi pantai,” kata dia.

Dijelaskannya, sampah yang berserakan itu didominasi oleh material sampah organik, seperti kayu, ranting dan jenis sampah lainnya yang berasal dari aliran sungai, dan terbawa ke laut saat debit aliran sungai meningkat akibat hujan deras yang terjadi di Kabupaten Pesbar.

“Sampah yang berserakan di pantai Labuhan Jukung itu, bukan sampah yang dibuang pengunjung selama libur tahun baru lalu, melainkan sampah yang berasal dari laut dan terdampar dipinggir pantai,” jelasnya.

Menurutnya, agar pantai labuhanjukung kembali bersih, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup, karena awalnya ada rencana untuk membersihkan pantai itu dari sampah, bahkan akan melibatkan BPBD dan Komisi Pemilihan Umum.

“Kita masih akan berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya dalam membersihkan pantai itu, apalagi kebersihan pantai Labuhan Jukung merupakan tanggungjawab Dinas Lingkungan Hidup,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)



Pos terkait