Akibat Pandemi Covid-19, Tingkat Kriminalitas di Lambar Meningkat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tingkat kriminalitas di Kabupaten Lampung Barat akibat pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) mengalami peningkatan.

Pada periode bulan Juni 2020, Jajaran Polres Lambar berhasil mengungkap sebanyak 18 Laporan Polisi (LP) dengan jumlah tersangka sebanyak 25 orang. 

Bacaan Lainnya



Kapolres Lambar AKBP Rachmat Tri Haryadi, SIK, M.H., didampingi Kasat Reskrim AKP Made Silpa Yudiawan, SIK., pada press release di Mako Polres setempat Rabu (1/7) mengungkapkan,  pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap tingkat kejahatan dibandingkan sebelum pandemi.

“Dampak dari Covid-19 ini berpengaruh terhadap meningkatnya angka kriminalitas, karena seperti yang kita ketahui tingkat ekonomi terutama pada masyarakat lapisan bawah mempengaruhi psikologis dan memicu kriminalitas,” ungkapnya. 

Terkait itu, ia mengaku pihaknya merupakan bagian dari yang bertanggung jawab sehingga dirinya sudah menghimbau kepada seluruh jajaran Polsek dan anggota yang ada dilapangan untuk meningkatkan Kamtibmas di tengah-tengah masyarakat. 

Namun, kata dia, tidak semua pelaku kejahatan yang diamankan merupakan residivis atau yang memang sudah sering melakukan kejahatan melainkan ada juga pelaku yang baru coba-coba karena adanya kesempatan.

“Untuk periode bulan Juni ini saja, kita sudah berhasil mengamankan 25 tersangka dengan berbagai kasus, bahkan ada yang dibawah umur. Tapi memang tidak bisa kita pungkiri adanya niat dan kesempatan merupakan salah satu faktor juga untuk tersangka melakukan kejahatan,” imbuhnya. (nop/mlo)



Pos terkait