Akibat Pengerjaan Proyek Rusak Jaringan Pipa, Perumda Limau Kunci Rugi Puluhan Juta

Medialampung.co.id – Akibat pengerjaan pembangunan drainase ruas jalan Bukit Kemuning-Padangtambak Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yang menyebabkan kerusakan pada jaringan pipa transmisi dan distribusi milik Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Limau Kunci. Perusahaan plat merah tersebut mengalami kerugian puluhan juta.

Selain mengalami kerugian puluhan juta, juga berdampak pada gangguan layanan konsumen sebanyak 50 sambungan rumah pelanggan.

Bacaan Lainnya


Kabag Umum Perumda Limau Kunci Suherman mendampingi Direktur Perumda Limau Kunci Donna Sorenty Moza, mengungkapkan, akibat dari pelaksanaan pengerjaan pembangunan drainase pada ruas jalan Bukitkemuning-Padang tambak tersebut oleh pihak rekanan, terjadi kerusakan jaringan pipa transmisi dan distribusi yaitu pipa PVC diameter 150 mm sepanjang 200 meter, pipa PVC diameter 50 mm sepanjang 150 meter, serta pipa 3 dan 6 sepanjang 130 meter. 

“Awalnya ada kerusakan pipa sebanyak empat batang sepanjang 150 meter namun sudah kita perbaiki tapi sekarang ada lagi penambahan pipa yang rusak dan imbasnya terdapat 50 sambungan rumah pelanggan yang tidak bisa menikmati air bersih dari Perumda Limau Kunci karena air tidak mengalir. Sampai saat ini pihak rekanan dan pengawas proyek belum ada itikad baik untuk memperbaiki atau mengganti kerusakan pipa transmisi dan distribusi tersebut,” tegasnya 

Lanjut dia, akibat jaringan pipa transmisi dan distribusi tersebut rusak dan pecah sehingga Perumda Limau Kunci mengalami kerugian sekitar Rp60.000.000. 

“Atas kerusakan jaringan pipa transmisi dan distribusi tersebut, kita telah mengirimkan surat kepada Pejabat Pembuat Komitmen 2.4 Dirjen Bina Marga Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah Provinsi Lampung namun sampai saat ini belum ada tindaklanjut untuk memperbaiki atau mengganti pipa yang rusak tersebut,” kata dia.

Pihaknya berharap kepada Pejabat Pembuat Komitmen 2.4 Dirjen Bina Marga Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah Provinsi Lampung, Pengawas dan Rekanan yang mengerjakan proyek tersebut ada itikad baik agar pelayanan kepada pelanggan oleh Perumda Limau Kunci Lampung Barat berjalan dengan baik. (lus/mlo)


Pos terkait