Akibat Refocusing Anggaran, Pendaftaran AUTP di Lambar Ditutup

  • Whatsapp
Kasi Lahan dan Irigasi DTPH Lambar Ferdi Nitiarga

Medialampung.co.id – Pendaftaran Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) di Kabupaten Lambar resmi ditutup pada Oktober tahun 2021, hal itu dikarenakan adanya refocusing anggaran pada Kementerian Pertanian (Kementan).

“Biasanya pendaftaran AUTP ditutup bulan November namun untuk tahun ini di bulan Oktober sudah ditutup oleh pemerintah pusat sehingga saat ini kelompok tani sudah tidak bisa lagi mendaftar asuransi,” kata Kasi Lahan dan Irigasi Ferdi Nitiarga mendampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Rusdi, Senin (15/11).

Bacaan Lainnya

Ditutupnya pendaftaran AUTP tersebut, lanjut dia, dikarenakan dampak refocusing anggaran pada Kementan yaitu biasanya dari 100 persen kini turun menjadi 60 persen sehingga dana preminya tidak tercover oleh pemerintah pusat.

“Sejak adanya wabah Covid-19 minat kelompok tani di Kabupaten Lambar untuk mendaftar AUTP minim, seperti halnya tahun ini yang mendaftar hanya 16 kelompok tani yang tersebar di Kecamatan Kebuntebu, Sukau dan Kecamatan Bandarnegeri Suoh sedangkan tahun 2020 lalu lebih dari 30 kelompok tani,” tegasnya.  

Dengan minimnya jumlah pendaftar dan cepatnya pendaftaran ditutup maka target program AUTP tahun 2021 seluas 1.000 hektar  tidak tercapai. “Kita (DTPH) telah berupaya dengan gencar melakukan sosialisasi program AUTP kepada kelompok tani yang ada  di kabupaten ini, bahkan  kita telah mengimbau supaya mereka mendaftar,” tutupnya. (lus/mlo)

Pos terkait