Akmal Berharap Festival Kopi Lambar Mendunia

  • Whatsapp

Medialampung.co.id, AIRHITAM – Songsong pelaksanaan Festival Kopi Ke II, 2019, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), yang akan dilaksanakan Tanggal 9-10 Juli mendatang, berbagai persiapan mulai dilakukan. Dan untuk pemantapannya, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pemkab Lambar menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan, bertempat di lokasi Kampoeng Kopi, Pekon Rigisjaya, Kecamatan Airhitam, Selasa (25/6).

Sekda Akmal Abdul Nasir, S.H., yang memimpin rakor tersebut menegaskan festival kopi yang menjadi salah satu event tahunan Kabupaten Lambar di era kepemimpinan Bupati Parosil Mabsus itu, diharapkan bukan hanya tersaji menjadi event nasional melainkan mampu mendunia.

Bacaan Lainnya



Karena itu, segala persiapan perlu dimatangkan. Artinya dilakukan dengan maksimal dan penuh kebersamaan. Dengan semua OPD tergabung dari dinas instansi pemkab lambar yang memiliki peran, tugas dan tanggung jawab masing-masing, termasuk juga Pemerintah Kecamatan dan pekon di Kecamatan Airhitam khususnya selaku tuan rumah, “Semua instansi pemkab lambar akan terlibat karena acara ini menjadi hajat bersama,” tegasnya.

Terus Akmal Abdul Nasir yang lebih akrab disapa— Dang Aan. Difestival kopi ini, pemkab lambar rencananya akan mengundang Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, serta Direktorat Jenderal Perkebunan (Dirjenbun), Anggota DPR RI, Badan Ekonomi Kreatif, (BEK) dan banyak lagi lainnya.

Lanjutnya tujuan festival kopi, selain wadah memeromosikan kekayaan Lambar, yakni menjadi kabupaten penghasil kopi terbesar di Provinsi Lampung, juga upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas kopi robusta lambar yang dapat mempengaruhi kesejahteraan masyarakat lambar khususnya yang mayoritas menekuni usaha sebagai petani kopi, maupun imbas lainnya dibidang wisata, kuliner, hingga kreatifitas masyarakat. “Dengan festival kopi ini harapan kita usaha kopi masyarakat bisa lebih melambung, dan membawa nama Kabupaten Lambar, Karena Lambar penghasil kopi terbesar dilampung,” urainya.

Ditambahkan Plt, Kadis Perkebunan (Disbun), Lambar Ir Agustanto Basmar, M.Si., tahapan koordinasi pematangan tersebut masih akan dilakukan lagi. “Semua yang dibahas hari ini, akan kembali dibahas secara detail lagi nanti,” tandasnya.

Sekedar diketahui beberapa kegiatan akan dilaksanakan dalam festival kopi, seperti lomba uji cita rasa kopi robusta, camping barista Lambar, bincang barista, varietas unggulan korolla, live music dan pasar kopi. (rin/mlo)



Pos terkait