Aksesibilitas dan Amenitas Pariwisata di Lambar Belum Mendukung

  • Whatsapp
Kepala Disporapar Lambar Tri Umaryani, SP, M.Si.

Medialampung.co.id – Kunjungan wisatawan di Kabupaten Lampung Barat terus meningkat, tetapi sayangnya masalah aksesibilitas khususnya infrastruktur jalan belum memberikan rasa aman dan nyaman bagi para wisatawan yang melancong ke 35 destinasi wisata di Bumi Beguai Jejama Sai Betik tersebut. 

Hal tersebut diakui oleh Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lambar Tri Umaryani. Menurutnya, masalah infrastruktur masih membutuhkan perhatian khusus. Sehingga Lambar yang kaya akan destinasi wisata, mulai dari wisata budaya, wisata alam, wisata religi, wisata kuliner dan lain-lain kedepannya bisa benar-benar menjadi tujuan wisata yang diandalkan. 

Bacaan Lainnya

“Kunjungan wisatawan di 36 destinasi wisata Lampung Barat selalu meningkat namun fasilitas masih minim. Akses jalan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi wisatawan untuk datang dan berkunjung di suatu destinasi wisata, dan masih memerlukan perhatian khusus,” ungkapnya. 

Tidak hanya itu masalah amenitas atau fasilitas pendukung lainnya juga masih menjadi pekerjaan rumah yang belum terselesaikan seperti keberadaan Toilet, Mushola, internet atau Wi-Fi, restoran, hotel dan lainnya. Hanya daja, menurut Tri, semua masih proses berbenah, karena destinasi wisata kita Rata-rata dikelola oleh kelompok sadar wisata atau Pokdarwis maupun masyarakat.

Lanjut dia, kondisi keuangan masih sangat terbatas sehingga belum bisa maksimal, ditambah lagi banyak sektor lain yang perlu menjadi perhatian pemerintah. Hanya daja dengan kondisi yang ada, tinggal bagaimana kita mengemas destinasi agar bisa menarik wisatawan setinggi-tingginya. Apalagi tren wisata masa depan berubah dari masal menjadi wisata khusus. 

Ia menambahkan, destinasi wisata juga memerlukan Inovasi, karena destinasi wisata tanpa inovasi itu tidak mungkin. Apalagi kompetitor kita terus berbenah, jadi kita harus selalu memberikan yang terbaik.

“Kedepan tempat yang bisa memberikan udara segar dan meningkatkan kesehatan seperti wisata alam menjadi destinasi wisata favorit turis lokal maupun mancanegara. Jadi  sekarang momentum Lampung Barat untuk berbenah secara internal, baik sumber daya manusia nya maupun kelembagaan, dan pemberdayaan. Tapi itu perlu proses, memerlukan ketekunan dan kerja keras,” imbuhnya. (nop/mlo)


Pos terkait