Aksi Curanmor-Curat Marak Terjadi di Pekon Watas

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) belum lama ini kembali terjadi di Pekon Watas, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat. Bahkan, selain curanmor, pencurian dengan pemberatan (curat) juga marak terjadi di wilayah tersebut.

Peristiwa terbaru, terjadi pada Minggu (13/12) sekira pukul 01.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB, dimana aksi curanmor terjadi di wilayah pemangku Kota baru, dengan hilangnya satu unit sepeda motor honda beat Warna hitam dengan Nomor Polisi (Nopol) BE 3617 MG yang disimpan pemilik di dalam dapur raib digondol pencuri.

Bacaan Lainnya


Hilangnya kendaraan itu diketahui saat pemilik yaitu Nurwasih (54) hendak memasak di pagi hari, saat sampai di dapur dirinya melihat sepeda motor tersebut sudah tidak ada dari tempat biasa terparkir dan saat itu pintu jendela dan pintu dapur dalam keadaan terbuka sehingga usai kejadian korban langsung melapor ke Mapolres Lambar.

Peratin Watas Mirwan Atmaja, A.Ma, membenarkan peristiwa itu, dan pihaknya berharap aparat kepolisian dapat segera mengungkap pelakunya, karena selain aksi curanmor, di wilayah tersebut juga beberapa kali telah terjadi aksi curat seperti pencurian peralatan pertanian yang disimpan di dalam gubuk warga.

“Selain curanmor, sudah beberapa kali terjadi aksi pencurian di dalam rumah dan gubuk, masyarakat sudah sangat resah dan upaya dari pemerintah pekon adalah menggalakan kembali siskamling, namun kami berharap aparat kepolisian dapat mengungkap para pelakunya,” harapnya.

Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan seluruh aparat pemangku dan sat-linmas untuk meningkatkan keamanan lingkungan, sekaligus mengimbau masyarakat agar apabila melihat gerak-gerik mencurigakan segera berkoordinasi dengan bhabinkamtibmas dan aparat pekon setempat.

“Aparat di setiap pemangku sudah kami minta untuk meningkatkan keamanan, terutama saat jam rawan seperti pukul 00:00 keatas, semoga upaya ini dapat menekan aksi kriminalitas tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Lambar AKP Made Silpa Yudiawan, S.H, S.Ik, mendampingi Kapolres AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.Ik, M.H, saat di konfirmasi membenarkan peristiwa tersebut.

“Kita sudah terima laporan dari korban (curanmor) termasuk melakukan pengecekan ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) sekaligus memeriksa pelapor. Sementara untuk pelaku saat ini masih dalam proses penyelidikan,” jelasnya. 

Mengingat aksi pencurian tersebut banyak terjadi di malam hari pihaknya mengimbau masyarakat agar kembali menggalakan siskamling serta meningkatkan keamanan bagi kendaraan masing-masing.

“Usahakan memarkir kendaraan di tempat yang cukup penerangan, terlihat dari dalam rumah dan yang paling penting memasang kunci pengaman ganda di roda kendaraan. Ingat, niat pelaku timbul untuk mencuri karena ada kesempatan,” tandasnya.(edi/mlo)


Pos terkait