Alasan MPP dan Ingin Perkuat Pemerintahan, Parosil Ganti Sekda

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lambar Akmal Abdul Nasir, S.H.

Medialampung.co.id – Bupati Lampung Barat, Selasa (29/12) resmi menunjuk Asisten I Bidang Pemerintahan Drs. Adi Utama sebagai pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) memggantikan Akmal Abdul Nasir, SH., yang memutuskan untuk mengundurkan diri. 

Parosil mengungkapkan, penggantian Dang Aan—sapaan Akmal Abdul Nasir, dengan alasan karena ia akan memasuki Masa Persiapan Pensiun (MPP) selain itu dilakukan dalam rangka memperkuat pemerintahan. 

Bacaan Lainnya


“Iya, (dibebas tugaskan), beliau mau MPP dan kita ingin memperkuat pemerintahan, sebelum ada penggantinya untuk jabatan Sekda diisi oleh Plh dan sudah ditetapkan Asisten I,” ungkap Parosil sembari  menegaskan bahwa tidak ada masalah selain dua alasan tersebut. 

Menurutnya, penunjukan Plh Sekda tersebut dilakukan per tanggal 29 Desember 2021, dan pada pada hari tersebut tugas Sekda dibebankan kepada Plh dalam hal ini diamanahkan kepada Adi Utama. 

“Per-tanggal 29 Desember (Plh Sekda) mulai betugas,” kata Parosil. 

Sementara Akmal Abdul Nasir membenarkan prihal tersebut. Ia mengakui bahwa ia sudah mendekati masa pensiun dan saat ini telah berumur 59 tahun. Ia juga mengakui ia diminta untuk mengundurkan diri. 

“Kemarin  saya dipanggil pak bupati diminta mengundurkan diri, karena mendekati masa pensiun dan saya laksanakan permintaan pimpinan tersebut,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Jabatan Sekda adalah motor penggerak birokrasi, sentral aktivitas, perumus dan perencana kebijakan, top manajemen nya para ASN, ketua Tim anggaran pemerintah daerah (TAPD), Ketua Badan Pertimbangan jabatan dan kepangkatan (Baperjakat), dan berbagai jabatan lainnya yang berkaitan langsung ataupun tak langsung dengan tugas-tugas pelayanan, pemberdayaan dan pembangunan.

Karenanya  disamping kompetensi teknis, kompetensi sosio kultural, dan kompetensi manajerial  Sekda dituntut pula kemampuan berkolaborasi dengan semua pemangku kepentingan di semua level dan tingkatan pemerintahan. (nop/mlo)


Pos terkait