Aleg PKS Minta Semua Pihak Terlibat Sosialisasikan Yankes Gratis

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Anggota Legislatif (Aleg) dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Lambar Nopiyadi, S.I.P, meminta semua pihak terlibat dalam mensosialisasikan kebijakan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, salah satunya pelayanan kesehatan (Yankes) dasar gratis selama tiga bulan (April-Juni 2020) di 15 Puskesmas di Lampung Barat dalam rangka melindungi masyarakat dari semua penyakit di masa Pademi Covid-19.

Hal itu disampaikan Nopiyadi saat melakukan reses di Puskesmas Buay Nyerupa Kecamatan Sukau, Selasa (16/6).

Bacaan Lainnya



“Karena pelayanan kesehatan gratis secara umum bertujuan meningkatkan akses, pemerataan dan mutu pelayanan kesehatan terhadap seluruh penduduk Lampung Barat guna tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang optimal secara efektif dan efisien,” tegas Nopiyadi yang juga Ketua Fraksi PKS Bersatu.

Sedangkan secara khusus, kata dia, pelayanan kesehatan gratis bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat dalam pembiayaan pelayanan kesehatan, meningkatkan cakupan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas  di wilayah Lampung Barat, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat Lampung Barat, meningkatkan pemerataan pelayanan bagi masyarakat Lambar dan harapannya terselenggaranya pembiayaan pelayanan kesehatan masyarakat dengan pola JPKM di Kabupaten Lambar.

Ia menyampaikan, perlu diketahui  masyarakat yang bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis adalah seluruh penduduk Lampung Barat yang mempunyai identitas (KTP/Kartu Keluarga), tidak termasuk yang sudah mempunyai jaminan kesehatan lainnya.

“Masyarakat cukup menunjukkan KTP atau KK yang masih berlaku pada saat anda berkunjung ke Puskesmas terdekat. Namun ada persoalan lain yang timbul siapa yang membayar TKS puskesmas selama digratiskan tersebut, hal ini perlu menjadi perhatian kita semua,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait