Alhamdulillah, Dua Nelayan Kampung Jawa Berhasil Dievakuasi

Medialampung.co.id – Dua orang nelayan Asal Pekon Kampung Jawa, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Jasbudaya dan Sahrudin yang sebelumnya dikabarkan hilang dan sempat diselamatkan kapal tongkang akhirnya berhasil dievakuasi ke daratan oleh tim gabungan pada Sabtu (14/11) siang. 

Kepala BPBD Pesbar Syaifullah, S.Pi., melalui Sekretaris BPBD Mirza Sahri., mengatakan tim gabungan berhasil mengevakuasi dua orang nelayan asal Pekon Kampung Jawa yang terjebak gelombang tinggi sejak beberapa hari terakhir karena mesin jukung yang digunakan mengalami kerusakan. 

Bacaan Lainnya


“Alhamdulillah, dua orang nelayan itu sudah berhasil dievakuasi, sekarang sudah berada di rumah masing-masing, keduanya dalam keadaan selamat dan sehat,” ungkapnya. 

Menurutnya, selama beberapa hari berada di tengah laut, keduanya sempat dibantu dan dievakuasi ke atas kapal tongkang yang kebetulan melintas di dekat keduanya dan sempat diajak untuk dievakuasi ke Jakarta namun keduanya menolak dan tetap memilih untuk bertahan di jukung. 

“Keduanya sempat akan dievakuasi melalui kapal besar itu, namun ditolak karena tidak ingin meninggalkan jukung mereka, dan lebih memilih bertahan di jukung sambil menunggu bantuan,” jelasnya. 

Kepulangan Jasbudaya dan Sahrudin disambut isak tangis haru keluarga setelah terjebak di tengah laut sejak Rabu (11/11) malam

Lanjutnya, penjemputan kedua nelayan itu sudah sempat dilaksanakan pada Jumat malam, namun saat berada di lokasi delapan mil dari pulau pisang, tim gabungan memilih kembali karena kondisi tidak memungkinkan akibat gelombang tinggi. 

“Lokasi kedua nelayan itu berada 10 mil di tengah laut, Jumat malam sudah sempat dilakukan penjemputan, namun belum sampai titik yang diperkirakan terjadi gelombang tinggi, baru Sabtu pagi tim gabungan melanjutkan penjemputan,” terangnya.

Sementara itu, pada Sabtu pagi kondisi cuaca cukup bersahabat sehingga tim gabungan bisa sampai ke titik lokasi kedua nelayan tersebut. Benar saja keduanya berada di titik yang telah diketahui sebelumnya. 

“Sekarang keduanya sudah berkumpul kembali bersama keluarga mereka dalam keadaan sehat, kita bersyukur keduanya bisa selamat meski sudah berhari-hari di tengah laut,” pungkasnya. (ygi/mlo)


Pos terkait