Ali Yudiem Bersama Warga Bersihkan Jaringan Irigasi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) Ali Yudiem, S.H., bersama ratusan masyarakat di Pekon Menyancang dan Pekon Penggawalima Tengah melaksanakan kegiatan gotong-royong membersihkan jaringan dan saluran irigasi di Pekon Penengahan, Kecamatan Karyapenggawa.

Kegiatan bersih-bersih jaringan irigasi itu dilakukan agar ketersediaan air di areal persawahan warga yang berada di dua pekon itu tercukupi meski saat musim kemarau terjadi.

Bacaan Lainnya

Wakil Ketua II DPRD Pesbar yang juga ketua DPC PKB Pesbar itu, mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu upaya dari masyarakat agar jaringan irigasi dapat berfungsi dengan maksimal.

“Jaringan irigasi yang ada merupakan satu-satunya sumber air yang mampu mengairi dan memenuhi kebutuhan air areal persawahan warga di dua pekon itu, meski saat musim kemarau sekalipun,” kata dia.

Dijelaskannya, kegiatan gotong-royong tersebut melibatkan ratusan masyarakat yang berasal dari dua pekon itu, hal itu sebagai bentuk kebersamaan masyarakat terutama mereka yang memiliki areal persawahan.

“Dalam kegiatan gotong-royong itu selain sebagai kegiatan untuk menjaga kebersihan jaringan irigasi dan saluran irigasi, juga sebagai wadah silaturahmi masyarakat,” jelasnya.

Dirinya berharap, kegiatan tersebut kedepannya dapat berlangsung secara rutin, sehingga jaring irigasi yang ada tetap terjaga dan mampu menyuplai kebutuhan air persawahan secara rutin.

“Saya berharap kegiatan ini tidak hanya sekali saja, tapi bisa berjalan rutin, apalagi saat musim hujan, karena debit Way Laay meningkat tentu banyak sampah seperti batang pohon atau batu yang menghambat saluran irigasi, hal itu juga yang harus menjadi perhatian,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)


Pos terkait