Alpukat Lumbokseminung Resmi Bersertifikat Varietas Lokal 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tanaman buah alpukat Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat resmi mengantongi sertifikat tanda daftar varietas. Dengan demikian, varietas lokal itu sudah dipatenkan dan resmi menjadi milik masyarakat Kabupaten Lambar.

Diketahui, sertifikat tersebut dikeluarkan oleh Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia, berdasarkan usulan dari Bupati Lambar Parosil Mabsus.

Bacaan Lainnya


Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Lambar melalui Kepala Balai Pelaksana Penyuluh (BPP) Kecamatan Lumbokseminung Mat Tamrin menyampaikan ungkapan terimakasih atas kerjasama dari semua pihak terkhusus Bupati Lambar sebagai pemohon untuk mematenkan varietas alpukat Lumbokseminung sehingga kini resmi menjadi milik masyarakat Kabupaten Lambar secara umum, dan secara khususnya untuk Kecamatan Lumbokseminung. 

“Artinya dengan telah mengantongi sertifikat Varietas alupkat kita ini tidak dapat diakui daerah lain, tentunya ini menjadi motivasi untuk kita terus meningkatkan produksi baik itu bibit tanaman maupun buahnya,” terangnya, Rabu (9/6).

Ia menjelaskan bahwa buah alpukat Lumbokseminung sudah sangat dikenal dengan kualitas buahnya yang baik. menurutnya, alpukat tersebut memiliki rasa yang berbeda dibandingkan hasil produksi daerah lain sebab Lokasi penanaman dan faktor cuaca menjadi penentu.

“Mungkin sebagian besar masyarakat lambar sudah tahu akan kualitas buah alpukat sukabanjar ini, dan kami pun sudah banyak memproduksi dan menjual bibitnya ke sejumlah kecamatan seperti kecamatan suoh, Bandarnegeri Suoh serta beberapa kecamatan lainnya, dan hasilnya memang sangat baik karena wilayah sasaran memang merupakan daerah dengan suhu panas sama seperti Lumbokseminung,” paparnya.

Selain aktif memproduksi bibit tanaman, sejak tahun 2020 lalu hingga kini, usaha yang digeluti oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Dahlia itu juga telah mendistribusikan puluhan ton biji buah alpukat untuk di kembangkan menjadi bibit di Kota Metro.

“Jadi selain bibit, kita juga mendistribusikan biji dari buah Alpukat Lumbokseminung untuk dikembangkan di daerah metro, sehingga dari segi kualitas memang tidak diragukan lagi,” kata dia.

Untuk itu, dengan telah mengantongi sertifikat varietas lokal tersebut, tentunya dapat memacu semangat KWT untuk terus mengembangkan usaha pembibitan yang diharapkan kedepan pemasaran dapat tembus ke skala nasional.(edi/mlo)




Pos terkait