Ambulans Pekon Sukamulya Siap Layani Warga

  • Whatsapp
Foto Edi/mlo

 Medialampung.co.id – Program pengadaan mobil ambulans pekon yang dianggarkan oleh Pemerintah Pekon Sukamulya, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat bersumber anggaran Dana Desa (DD) tahun 2020 kini telah siap beroperasi untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat setempat.

Seperti diketahui, tahun ini melalui DD tahap I pemerintah pekon setempat mengucurkan anggaran sebesar Rp189 juta untuk pengadaan satu unit mobil jenis wuling yang dirakit menjadi ambulans pekon. Disamping menyediakan layanan kendaraan, pemerintah pekon juga telah menyiapkan sopir yang standby selama 24 jam untuk memberikan layanan kesehatan di salah satu daerah terpencil tersebut. 

Bacaan Lainnya



Peratin Sukamulya, Budi menerangkan bahwa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya di bidang pelayanan kesehatan, tahun ini pihaknya membeli satu unit mobil ambulans guna mempermudah pelayanan kesehatan di wilayah setempat.

“Salah satu prioritas dana desa tahun ini adalah ambulans pekon, pelayanan ambulans ini gratis. Bagi warga yang butuh berobat, baik itu dalam keadaan darurat atau untuk rawat jalan ke rumah sakit maupun puskesmas sudah tidak repot lagi menunggu ambulan dari Puskesmas,” terang Budi. 

Salah satu hal yang mendasari terealisasinya ambulance pekon tersebut adalah sulitnya akses untuk menjangkau wilayah pekon setempat, sehingga dengan tersedianya ambulans pekon maka warga membutuhkan pertolongan medis terutama saat gawat darurat.    

“Karena akses menuju pekon kami sulit dan medan jalan curam dan terkadang ambulans di puskesmas sibuk untuk menjemput atau mengantar pasien. Maka kami berembuk untuk menyediakan mobil ambulance pekon dan saat diusulkan, ternyata masyarakat juga menginginkan hal sama,” imbuhnya.

Sementara, Camat Sukau Hadi Susanto menyambut baik salah satu program prioritas Pekon Sukamulya tersebut dan tentunya dengan adanya sarana ambulans pekon akan semakin meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan berkolaborasi dengan program ambulans hebat milik pemkab. 

“Ya kami sangat mendukung karena pemerintah pekon setempat menempatkan pelayanan kesehatan sebagai salah satu prioritas, dan kami berharap pekon lainnya dapat menghadirkan program yang inovatif yang manfaatnya betul-betul menyentuh seluruh lapisan masyarakat,” harapnya.(edi/mlo)



Pos terkait