Amorphophallus Paeoniifolius Mekar Sempurna di Kebun Raya Liwa

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Eksplorasi yang dilakukan oleh Kebun Raya Liwa (KRL) Kabupaten Lampung Barat, terhadap sejumlah jenis tanaman langka terus membuahkan hasil. 

Tepat pada hari Jumat (8/1) salah satu koleksi tanaman langka jenis Amorphophallus Paeoniifolius mekar sempurna di Taman Araceae.

Bacaan Lainnya

Amorphophallus adalah nama marga tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae). Bunga dan tumbuhan vegetatifnya (daun) tumbuh bergantian. Bunganya pada waktu-waktu tertentu mengeluarkan bau bangkai yang menyengat, sehingga umumnya tanaman tersebut dinamai sebagai bunga bangkai.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebun Raya Liwa Sukimin, SIP., mengungkapkan, Amorphophallus Paeoniifolius tersebut merupakan hasil eksplorasi di Kecamatan Lumbokseminung pada 6 November 2020 lalu, dan ditanam di Taman Araceae KRL dan kini mekar dengan sempurna.

”Amorphophallus paeoniifolius atau yang biasa disebut suweg ini menjadi salah marga Amorphophallus famili araceae koleksi KRL yang sering berbunga,” ungkap Sukimin.

Pada tahun 2019 lalu, kata dia, ada dua koleksi juga mekar sempurna. Proses berbunga sampai dengan mekar sempurna selama + 62 hari, sehingga masyarakat masih bisa menyaksikan bunga tersebut untuk beberapa waktu kedepan.

”Untuk Amorphophallus Paeoniifolius yang mekar saat ini, tinggi batang pada saat mekar sempurna 68 centimeter dengan diameter seludang 168 centimeter. bunga bangkai Amorphophallus Paeoniifolius ini, merupakan spesies endemik Pulau Sumatera. bunga bangkai ini juga termasuk kedalam bunga langka yang dilindungi. Karena itu kami menghimbau kepada masyarakat, agar tidak merusak tanaman tersebut, dan dapat melestarikannya, dan jika menemukan untuk bisa secara sukarela menginformasikan kepada petugas kami,” pungkasnya. (nop/mlo)




Pos terkait