Angin Kencang, Pohon Ukuran Besar Tumbang di Jalinbar Krui-Tanggamus

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Darah (BPBD) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengimbau kepada masyarakat, terutama pengguna jalan yang melintas di kawasan hutan agar waspada dan berhati-hati, Mengingat saat ini masih musim angin kencang yang disertai hujan.

Seperti yang terjadi di jalan lintas barat (jalinbar) tepatnya di kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) wilayah Pekon Pemerihan Kecamatan Bengkunat, angin kencang yang terjadi di wilayah itu menyebabkan satu pohon ukuran besar tumbang hingga ke badan jalan dan sempat menyebabkan kemacetan kendaraan, sekitar pukul 13.00 WIB, Minggu (29/11).

Bacaan Lainnya


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesbar, Syaifullah, S.Pi., mengatakan bahwa saat ini kondisi cuaca di wilayah Kabupaten Pesbar masih cukup ekstrim, karena itu masyarakat diimbau untuk tetap waspada. Seperti adanya pohon tumbang yang terjadi di wilayah jalinbar Pekon Pemerihan Kecamatan Bengkunat tersebut beruntung dalam musibah tersebut tidak ada korban jiwa.

“Pohon tumbang dengan ukuran besar tersebut selain menimpa badan jalan juga menimpa kabel listrik PLN di wilayah itu dan sempat menyebabkan kemacetan kendaraan,” katanya.

Dijelaskannya, setelah mendapat informasi adanya pohon tumbang di jalinbar tersebut, tim Satuan Pelaksana (Satlak) BPBD yang ada di Pekon Pemerihan langsung menuju ke lokasi untuk melakukan pembersihan pohon tumbang tersebut. 

Dalam pembersihan pohon besar yang tumbang itu dilakukan dengan menggunakan mesin pemotong kayu (chainsaw), karena jika secara manual tidak bisa, mengingat ukuran pohon cukup besar.

“Sekitar satu jam lebih pohon besar yang tumbang ke badan jalan tersebut berhasil dievakuasi dan dibersihkan, sehingga kini arus lalulintas kembali berjalan lancar,” jelasnya.(yan/mlo)




Pos terkait