Antisipasi Bencana Alam, Tim Penanggulangan Bencana Siaga

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), menyiagakan tim penanggulangan bencana seperti tim siaga bencana pekon (TSBP), tim Satuan Laksana (Satlak) hingga Tim Reaksi Cepat (TRC) pada seluruh titik rawan bencana alam di kabupaten setempat.

Kepala BPBD Pesbar, Syaifullah, S.Pi., mengatakan sama seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap akhir tahun cuaca buruk dipastikan akan melanda di Kabupaten Pesbar yang dapat mengakibatkan bencana alam.

Bacaan Lainnya


“Saat akhir tahun terjadi perubahan cuaca dimana hujan disertai angin kencang lebih sering terjadi, sehingga mengakibatkan sejumlah bencana alam seperti tanah longsor dan pohon tumbang,” kata dia.

Dijelaskannya, untuk mewaspadai terjadinya bencana alam dampak perubahan cuaca tersebut, pihaknya telah menyiagakan im penanggulangan bencana pada sejumlah titik lokasi rawan bencana alam  akibat hujan deras dan angin kencang itu.

“Terdapat sejumlah pekon yang telah membentuk TSBP, hal itu dilakukan sebagai upaya agar pekon memiliki petugas penanggulangan bencana yang siap siaga setiap saat terutama saat ada potensi bencana alam,” jelasnya.

Menurutnya, dalam satu pekan terakhir, bencana alam berupa pohon tumbang terjadi hampir setiap hari di sejumlah titik terutama pada jalur yang merupakan pintu masuk menuju kabupaten tersebut.

“Dalam sepekan terakhir pohon tumbang terjadi hampir bersamaan pada jalur Liwa-Krui dan jalur Bangkunat-Tanggamus, hal itu dampak dari hujan deras dan angin kencang yang terjadi,” terangnya.

Tapi, pohon tumbang itu langsung dibersihkan oleh petugas penanggulangan bencana yang siaga di dua lokasi tersebut, karena dua lokasi itu rawan terjadi pohon tumbang dan tanah longsor.

“Sampai sekarang kita hanya menerima laporan jika ada pohon tumbang, sedangkan bencana alam seperti longsor dan banjir tidak ada, kita berharap bencana alam itu tidak terjadi,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)




Pos terkait