Antisipasi Bencana, BPBD Waykanan Gelar Apel Siaga

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam rangka kesiapsiagaan menghadapai kemungkinan bencana alam, BPBD Kabupaten Waykanan bersama instansi terkait mengadakan kegiatan apel siaga bertempat di lapangan KORPRI kompleks pemkab setempat.

Pada apel tersebut, Wakil Bupati Waykanan Drs. Hi. Ali Rahman MT, meminta BPBD setempat dapat meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Peralatan Penunjang Kebencanaan, karena hal itu merupakan pendukung utama keberhasilan BPBD Waykanan dalam melaksanakan tugasnya, 

Bacaan Lainnya

“SDM yang mumpuni dan benar-benar memahami tupoksinya sebagai anggota BPBD itu merupakan kunci sukses dalam menjalankan tugas, akan tetapi ketersediaan sarana dan prasarana juga sangat mendukung, dan itulah guna kita menggelar apel demikian untuk mengetahui kesiapsiagaan kita dalam menghadapi bencana didepan yang memang tiap tahun kita alami. Disamping Itu peran dan partisipasi masyarakat dalam menghadapi bencana adalah modal yang juga tak kalah penting dalam keadaan siaga bencana sekarang ini seiring datangnya musim penghujan,” tegas Ali Rahman. 

“Kabupaten Waykanan merupakan salah satu Kabupaten di Lampung yang sangat rawan bencana disaat musim hujan tiba, antara lain, banjir, tanah longsor, serta bencana yang diakibatkan oleh perubahan iklim yang ekstrim seperti puting beliung dan lain-lain, berbagai potensi bencana yang ada itu, hendaknya harus kita sikapi dan kita hadapi melalui pengelolaan penanganan bencana secara lebih baik terlebih lagi di tengah pandemi Covid-19. Jadi ketika masyarakat membutuhkan pertolongan maka tidak ada alasan Negara tidak hadir. Intinya kita menyelamatkan warga masyarakat merupakan kewajiban pemerintah,” imbuhnya.

Selesai apel siaga, Wabup dan peserta apel melakukan pengecekan perlengkapan search and rescue (SAR) dilakukan bagaimana kondisinya dan begitu pula untuk semua anggota yang terlibat dipastikan dalam kondisi siap dan siaga dalam melakukan pertolongan.

Selain pengecekan alat dan kesiapan anggota, mekanisme penyelamatan korban juga menjadi perhatian khusus. Tujuannya, jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam maka anggota sudah ada standar atau upaya penyelamatan korban secepat dan seefektif mungkin. 

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Waykanan Hi. Hendri Syahri, MT menegaskan bahwa kesiapan BPBD dalam menghadapi potensi bencana dengan menyiagakan Personel TRC (Team Reaksi Cepat) yang berjumlah 30 Personel dibantu Tim Satgas Kebencanaan serta penanganan bersama dengan TNI dan Polri, Pemadam Kebakaran, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial.

“Terkait kesiapsiagaan dalam mengantisipasi bencana alam Pemerintah Kabupaten Waykanan, telah menyiapkan personil dari jajaran BPBD Kabupaten Waykanan, yaitu Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Satuan Tugas Penanggulangan Bencana (Satgas-PB), yang tersebar di setiap kecamatan diwilayah Kabupaten Waykanan,” terang Hendri Sahri.(sah/mlo)

Pos terkait