Antisipasi Covid-19, 40 Orang Jalani Swab Test di Lampura

  • Whatsapp
Kepala Sekretariat Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampura, Sany Lumi saat memberikan keterangan kepada awak media - Foto Fahrozy Irsan Toni/mlo

Medialampung.co.id – Sebanyak 40 warga di Kabupaten Lampung Utara (Lampura) menjalani swab test pada Kamis (13/8).

Hal tersebut dilakukan, pasca kegiatan di salah satu organisasi politik di bilangan Kotabumi yang dilaksanakan beberapa hari sebelumnya. 

Bacaan Lainnya



Pasalnya dalam kegiatan itu, salah seorang pengurus Partai Politik, berasal dari Provinsi Lampung terkonfirmasi positif covid-19 hadir di sana, sehingga dilaksanakan langkah preventif guna mencegah penyebaran covid-19 dimasa new normal. 

“Langkah-langkah yang diambil ini atas dasar sinergitas antara jajaran pengurus dan gugus tugas ini dilakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran covid-19 karena ingin memastikan dan memutus mata rantai.

“Setelah sebelumnya ada salah satu pengurus berasal dari provinsi terkonfirmasi positif,” kata Kepala Sekretariat Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampura, Sanny Lumi.

Menurutnya, langkah tersebut dilakukan guna memastikan para peserta ataupun partisipasipan yang ikut dalam kegiatan itu, aman dari wabah covid-19. 

Setidaknya ada 40 orang, dan selanjutnya akan dilakukan kepada 30 orang lain terindikasi berdasarkan hasil tracking oleh gugus tugas.

“Harapan kita dengan adanya kejadian ini tidak merubah Lampura menjadi daerah pandemi (cluster *red) yang saat ini masih dalam zona kuning dan tidak mengalami peningkatan selama ini terhadap kasus corona, itu yang kita cegah,” kata dia.

Ia membeberkan, dari 40 orang yang tersebut, satu diantaranya mengikuti swab test adalah Plt. Bupati Lampura, Budi Utomo. Sebab saat itu, Plt. Bupati Lampura kebetulan hadir dalam kegiatan ceremonial tersebut. 

“Tadi malam diambilnya, dan berdasarkan pengamatan beliau telah melaksanakan protokol kesehatan dengan baik. Mulai dari menggunakan masker tak melepasnya, cuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan serta menjaga jarak,” beber Sany Lumi.

Begitupun dengan perwakilan dewan, sambungnya, kedepan akan ada 11 orang lain selain 30 orang dijadwalkan dengan total berjumlah 41 orang.

Sementara, hal itu diamini oleh Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Lampura, Adrie. 

Menurutnya ada 11 orang anggota maupun jajaran DPRD setempat diambil sampel swab test, termasuk ketua dan jajarannya. 

Sebagai langkah proaktif dalam memutus mata rantai dimasa new normal ini.

“Insya Allah besok akan dilakukan, itu sekitar tengah hari atau sesudah rapat paripurna. Sebagai langkah antisipasi percepatan penanggulangan covid-19,” pungkasnya. (ozy/mlo)



Pos terkait