Antisipasi Gangguan Listrik, PLN Lakukan Pemerliharaan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Manajemen PT. PLN Rayon Liwa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menurunkan puluhan petugas tekhnik untuk melakukan pemeliharaam jaringan listrik guna mengantisipasi gangguan saat memasuki musim hujan.

Puluhan petugas disebar di beberapa titik tepatnya di wilayah Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lambar dan sejumlah kecamatan di Kabupaten Pesisir Barat.

Bacaan Lainnya



Manager PT. PLN Rayon Liwa, Ahmad Royhan mengatakan, saat ini petugas akan lebih rajin turun ke lapangan berpatroli mengecek seluruh jaringan listrik, mencari potensi gangguan, dan memastikan kondisinya aman sesuai komitmen PLN untuk menjaga keselamatan ketenagalistrikan (K2), keselamatan dan kesehatan kerja (K3) serta meningkatkan keandalan listrik.

“Selain memantau, petugas juga aktif melakukan pemangkasan tanam tumbuh yang menggangu jaringan, dan berpotensi menimbulkan gangguan listrik di lingkungan pemukiman warga. Langkah perawatan ini, sebagai persiapan memasuki musim penghujan,” terangnya.

Menurutnya, hujan deras dan tiupan angin kerap melanda terutama saat memasuki bulan November. Sehingga kondisi itu kerap menimbulkan gangguan yang disebabkan oleh tanam tumbuh yang mengenai jaringan.

“Selain pemangkasan tanam tumbuh, petugas kami juga melakukan penggantian material jaringan distribusi untuk memastikan peralatan jaringan distribusi berfungsi baik,” kata dia.

Ditambahkan Royhan, langkah perawatan dan perbaikan jaringan lebih awal harus dilakukan, hal itu untuk mencegah terjadinya potensi gangguan yang sewaktu-waktu menyebabkan listrik padam.

“Dalam catatan di PT. PLN Rayon Liwa, dari tahun ke tahun kehandalan suplay listrik di wilayah kerjanya, menunjukkan tren positif, kami berusaha mengantisipasi gangguan pemadaman listrik seminimal mungkin, antara lain dengan kerja keras melakukan perawatan rutin jaringan, dan penggantian material,” kata dia seraya menambahkan pihaknya mengaharapkan kerjasama masyarakat agar cepat menyampaikan informasi gangguan kepada petugas untuk mendukung upaya penormalan.(edi/mlo)



Pos terkait