Antisipasi Gangguan, PLN Tingkatkan Pemeliharaan Jaringan

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – PT PLN (Persero) Rayon Liwa Kabupaten Lampung Barat, yang juga membawahi wilayah Kabupaten Pesisir Barat, berupaya menghindari terjadinya ganggunan jaringan listrik di wilayah setempat, dengan melakukan pemeliharaan rutin.

Manager PLN Rayon Liwa Royhan menjelaskan, selama beberapa hari ini pihaknya terus melakukan pemanatauan sekaligus melakukan pemeliharaan di beberapa titik distribusi jaringan tegangan menengah, mengingat sebagain besar wilayah Lambar mulai memasuki musim penghujan.

Bacaan Lainnya



”Kegiatan ini sebagai tindakan preventif agar tidak terjadi pemadaman dan kerusakan pada sektor kelistrikan. Pemeliharaan ini terus dilakukan selain untuk menjamin kelangsungan pasokan listrik, juga sebagai upaya penurunan gangguan yang disebabkan oleh berbagai faktor,” terang Royhan.

Selain melakukan pemeliharaan jaringan tegangan menengah, pihaknya juga melakukan pemeliharaan gardu induk, dalam suatu sistem kelistrikan, sistem gardu berfungsi sebagai penyimpanan pasokan listrik. Mereka memiliki peran yang vital dalam menyuplai pasokan listrik ke rumah pelanggan selama 24 jam.

“Untuk itu, agar pasokan tetap andal dan terjaga, maka mesin-mesin di gardu induk juga perlu dipelihara. Ibarat mobil, maka mesin harus diservis secara berkala,” ujarnya.

Dalam masa pemeliharaan yang dilakukan sejak beberapa waktu lalu ada sebagian kecil daerah yang memerlukan penghentian sementara aliran listrik ke rumah pelanggan selama sekitar 2-3 jam.

“Kalau pemadaman itu pasti, karena disamping melayani pelanggan kita juga harus memperhatikan keselamatan petugas, sehingga saat sedang ada pemeliharaan kita pastikan semua aliran listrik harus padam,” pungkasnya.(edi/mlo)



Pos terkait