Antisipasi Lakalantas, Tumpahan Oli di Jalinbar Dibersihkan 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Anggota Polsek Bengkunat Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), bersama Babinsa Koramil Pesisir Selatan, petugas pemadam kebakaran dan masyarakat, bergotong royong membersihkan tumpahan oli bekas yang tercecer di jembatan jalan lintas barat (jalinbar) tepatnya di Pekon Muara Tembulih Kecamatan Ngambur, Rabu (8/4).

Kapolsek Bengkunat Iptu Ono Karyono, S.H, M.H., mendampingi Kapolres Lampung Barat, AKBP. Rachmat Tri Hariyadi, S.Ik, M.H., mengatakan gotong royong membersihkan lantai jembatan itu dilakukan karena banyak oli yang berceceran di jalinbar guna mengantisipasi terjadi kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

Bacaan Lainnya



“Oli bekas yang berceceran itu sangat membahayakan pengguna jalan baik kendaraan roda dua dan roda empat yang melintas di jembatan itu,” katanya.

Terlebih, kata dia, berdasarkan informasi dari warga setempat, sudah ada pengendara sepeda motor yang terjatuh akibat oli yang berceceran dan membuat lantai jembatan licin.

Sehingga, anggota Polsek Bengkunat bersama Babinsa Koramil Pesisir Selatan dan petugas pemadam kebakaran serta dibantu masyarakat setempat langsung bersama-sama membersihkan ceceran oli di lantai jembatan itu dengan cara disemprot dan menggunakan sabun serta detergen.

“Lantai jembatan yang penuh tumpahan oli bekas itu disemprot dan disikat, karena lantai jembatan itu lantai baja sehingga harus benar-benar bersih dari oli agar tidak licin,” katanya.

Ditambahkan, saat dilakukan pembersihan tumpahan oli di seluruh lantai jembatan itu arus lalu lintas sempat dihentikan sementara, tapi tidak berlangsung lama dan jembatan itu sudah dapat dilalui kendaraan lagi.

Dirinya berharap tidak licin kembali, karena tumpahan oli bekas itu telah dibersihkan. Pihaknya mengimbau pengguna jalan untuk tetap waspada dan berhati-hati saat berkendara.

“Sampai sekarang kita belum tahu kendaraan apa yang membawa oli bekas yang tumpah di lantai jembatan ini, Meski begitu kita berharap pengendara angkutan terutama yang mengangkut oli bekas dan sejenisnya agar terus dilakukan pengecekan saat melintas di jalan raya di jalinbar Kabupaten Pesbar ini,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait