Antisipasi Lonjakan Harga, Nunik Buka OP Bersubsidi di Pringsewu

  • Whatsapp
Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim saat membuka Operasi Pasar Bersubsidi di Kabupaten Pringsewu

Medialampung.co.id – Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, M.Si., M.Kn., Ph.D., (Nunik) membuka Operasi Pasar (OP) bersubsidi di halaman kantor Dinas Koperindag Kabupaten Pringsewu pada Selasa (12/5).

Kegiatan ini diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung berkolaborasi dengan Perum Bulog, Sugar Group, PT Sungaibudi Group, PT Putra Mandiri dan PT Bogasari.

Bacaan Lainnya



Menurut Nunik, tujuan operasi pasar sebagai upaya pemerintah dalam menangani dampak ekonomi karena melonjaknya harga beberapa kebutuhan pokok akibat pandemi wabah Covid-19 serta kenaikan harga sejumlah kebutuhan pada bulan Ramadhan.

“Sebanyak 3.750 paket sembako disalurkan kepada Pemkab Pringsewu. Dengan Rp45 ribu, warga Pringsewu akan memperoleh beras kemasan lima kilogram (kg), gula pasir kemasan dua kg, tepung terigu kemasan satu kg, dan minyak goreng kemasan satu kg,” jelasnya.

Wagub menambahkan bahwa pandemi Covid-19 tidak hanya menyerang kesehatan, namun juga perekonomian di hampir seluruh bagian negara yang terkena wabah tersebut. “Itu karena perkembangan ekonomi global saling terkait satu sama lain,” ujarnya.

Dalam situasi seperti ini, lanjut dia, tak ada sektor perekonomian luput dari penurunan ekonomi. “Hal ini membuat ribuan pekerja dirumahkan sementara. Sehingga pada mengakibatkan menurunnya daya beli masyarakat, apalagi kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok di bulan puasa seperti ini,” ujarnya.

Kegiatan yang dilakukan oleh Pemprov Lampung ini dinilai berbagai kalangan sangat tepat karena salah satu wujud kepedulian Pemerintah terhadap masyarakat yang berpenghasilan rendah. Masyarakat tersebut membutuhkan bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Sementara itu, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung Satria Alam mengharapkan operasi pasar ini dapat membantu masyarakat memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga pasar.

“Operasi Pasar Bersubsidi di Peingsewu ini merupakan pelaksanaan yang kedua, selanjutnya akan di laksanakan di 13 Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung,” ujar Satria.

Bupati Pringsewu, Sujadi Saddat menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemprov Lampung atas terselenggaranya OP tersebut.

“Kami berharap, adanya operasi pasar murah ini akan sering dilakukan oleh Pemprov Lampung, bukan hanya di Bulan Ramadhan saja tapi juga lebih sering diselenggarakan disetiap tahunnya,” ujarnya. (*/mlo)



Pos terkait