Antisipasi Tindak Kejahatan, Kampung Marga Jaya Pasang CCTV

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Guna meminimalisir berbagai tindak kejahatan dan memantau masuknya warga baru di masa pandemi Covid-19, sekaligus sebagai bentuk pelayanan prima pada masyarakatnya, Pjs Kepala Kampung Marga Jaya Kecamatan Negara Batin mulai memasang CCTV berukuran cukup besar di pintu masuk Kampung, yang akan aktif 24 jam, pada Senin (25/1).

Pjs Kakam Marga Jaya Sutoyo saat ditemui di ruang kerjanya, mengatakan, pemasangan CCTV tersebut bukan hanya di pintu masuk Kampung, namun juga dipasang di Balai Kampung.

Bacaan Lainnya

“Menurut kami CCTV ini merupakan kebutuhan yang sangat penting dan mendesak, dengan kondisi saat ini, oleh karena itu kami beserta lembaga melalui musyawarah memutuskan segera merealisasikannya terlepas dari berbagai kebutuhan lain yang juga masih kami butuhkan untuk dibangun,” ujar Sutoyo. 

Masih menurut Sutoyo, dengan terpasangnya CCTV di pintu masuk Kampung, diharapkan Kampung Marga Jaya semakin aman, atau minimal bila terjadi tindak kejahatan pelakunya dapat diketahui dengan melihat rekaman CCTV tersebut. 

“Demikian pula yang ada di Kantor Balai Kampung, diharapkan para perangkat Kampung dapat meningkatkan kinerjanya karena nanti juga akan dipasang  CCTV, kan malu kalau di kantor hanya manyun apalagi semua aktifitas kita terekam CCTV, semuanya bertujuan untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama, bukan untuk gagah-gagahan,” pungkas Sutoyo.

Sementara itu, Camat Negara Batin A. Rozi, SH, MM, mengapresiasi pemasangan CCTV di Kampung Marga Jaya tersebut, dengan demikian masyarakat akan semakin mudah memantau siapa saja yang masuk ke Kampung tersebut, dan diharapkan dapat memutus pandemi corona di Kampung tersebut, juga meminimalisir tindak kejahatan yang kerap terjadi.

“Daerah kita kan termasuk daerah yang masih rawan, dan dengan adanya CCTV tersebut saya berharap agar tidak rawan lagi, namun Keberadaan CCTV tersebut harus selalu diawasi kalau perlu di bawahnya ada pos Ronda yang sekaligus bertugas  menjaga dan mengamankan keberadaan CCTV, sebab kalau tidak bisa saja CCTV itu hilang di maling, ataupun di rusak oleh orang orang yang berkepentingan namun tidak bertanggung jawab,” tegas Rozi.

Di lain pihak, Susi Susanti, warga mewakili para pemuda setempat juga mendukung program tersebut, karena selain menambah keren kampungnya juga sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami akan minta kepada Kepala Kampung buat aturan dengan BPK siapa saja yang melewati CCTV ini harus membuka helm, jadi ketahuan, dan kalaupun ada yang tidak melakukan hal itu langsung dapat dicurigai apabila ada suatu tindak kejahatan di Kampung, sekaligus untuk memantau kalau ada pendatang yang bisa menularkan Covid-19,” tegas Susi.(wk1/mlo)




Pos terkait