Antivirus Covid-19 dan Vitamin Langka di Apotek di Bandarlampung

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Saat ini kasus konfirmasi positif Covid-19 di Lampung khususnya di Kota Bandarlampung terus bertambah.

Terkait hal tersebut banyak masyarakat Kota Bandarlampung yang terkonfirmasi positif covid-19 tanpa gejala menjalani isolasi mandiri (Isoman) kemudian dibantu dengan mengkonsumsi obat-obatan anti virus, antibiotik dan vitamin.

Bacaan Lainnya

Namun saat ini obat-obatan anti virus susah ditemukan.Hal tersebut diungkapkan Eko Triwandi salah warga kemiling.

“Iya mas Sekarang cari obat anti virus seperti Favipiravir dan Azithromycin susah nyarinya. Ini sudah keliling tapi belum dapat,” ungkapnya saat dimintai keterangan, Minggu (25/7).

Saat tim medialampung.co.id menyambangi salah satu apotik yaitu Apotik Saraswati beralamat di jalan Imam Bonjol, Kecamatan Kemiling dan menanyakan obat antivirus dan antibiotik Covid-19 seperti Oseltamivir, Favipiravir, Azithromycin dan Vitamin Zegavit, Sang pemilik Apotik Alkon mengaku sudah tiga Minggu tidak dapat kiriman obat-obatan tersebut.

“Ya, kita sudah tiga minggu sudah kehabisan obat-obatan itu, Distributor udah gak ngirim lagi,” ungkapnya.

Dilokasi terpisah salah satu karyawan Apotek K-24 di Jl. Teuku Umar mengatakan sudah sebulan lalu obat antivirus tersebut tidak ada. Malahan Azithromycin telah dihapuskan dalam sistemnya, sehingga tidak boleh ada stoknya lagi. 

“Favipiravir biasanya itu distok di rumah sakit, kalau yang di apotek itu biasanya avigan. Avigan juga tidak ada stok dari distributornya gak jadi kasih sudah satu bulan ini,” ungkapnya.

Ia mengaku permintaan obat Covid-19 tersebut cukup banyak, namun ia harus menolaknya karena memang tidak ada stok. 

“Sebetulnya banyak permintaan dari obat Covid-19 tersebut, cuman kita tolak karena kita enggak ada stoknya,” tambahnya.

Hal sama juga untuk vitamin, Zegavit sudah dari akhir Juni stoknya kosong. Sementara untuk Becom Zet kemarin hanya dikasih 1 kotak isi 10 strip.

“Jadi ketika ada yang beli kita alihkan ke vitamin c 1000, 500 atau Blackmore vitamin dan HB Vit,” pungkasnya. (ded/mlo)


Pos terkait