Antrian Penerima BST Kemensos  Mengular di Kantor Pos Pajarbulan 

  • Whatsapp

Medialmapung.co.id – Antrian warga Kelurahan Pajarbulan, Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), terjadi pada pengambilan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemensos) di Kantor Pos setempat, Senin (11/5).

Diketahui BST yang disalurkan langsung dari Kemensos tersebut diberlakukan untuk masyarakat terdampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), yang berdomisili di kelurahan. 

Bacaan Lainnya



“Karena kelurahan tidak ada anggaran khusus untuk penangnan Covid-19, sebagaimana pekon berupa Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), sehingga warga memperoleh BST senilai Rp600 ribu selama Tiga bulan, atau sama besarnya dengan BLT,” ungkap Lurah Pajarbulan, Kecamatan Waytenong Erna Risnawati, S.E..

Namun, kata Erna, dari 1100 usulan yang diajukan pihak kelurahan berdasarkan hasil pendataan oleh Kepala Lingkungan (Kaling) dan petugas RT, hanya 410 yang direalisasikan oleh kemensos.

Dimana jumlah keseluruhan yang diajukan tersebut adalah warga yang tidak menerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Langsung Non Tunai (BPNT).

“Jika dihitung dari jumlah warga sebanyak 8000 jiwa dan 1.500 KK, jumlah BST yang diperoleh masih jauh dari usulan, namun dalam hal ini yang menentukan penyalurannya adalah Kemensos, kita hanya bisa mengikutinya,” imbuhnya.

Sementara dari pantauan di lapangan, meskipun dalam antrian pengambilan BST di Kantor Pos terlihat tertib, dengan adanya antrian yang panjang, serta rata-rata warga mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) Masker, tapi belum mengindahkan Protap Pemerintah untuk melakukan jaga jarak.

Tentunya kondisi itu perlu menjadi catatan pemerintah melalui petugas terkait agar dapat memberikan imbauan untuk mentaati PhysIcal Distancing.  (rin/mlo)



Pos terkait