APK Dirusak, Tim Pendukung Eva-Deddy Lapor ke Bawaslu

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim koalisi dari beberapa partai pendukung pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bandarlampung Nomor Urut 3, Eva Dwiana-Deddy Amrullah melaporkan dugaan Pidana Pemilu ke Bawaslu terkait perusakan Alat Peraga Kampanye (APK) di 38 titik kota Bandarlampung pada Kamis (12/11).

Tim yang terdiri dari partai pendukung seperti partai PDIP, Nasdem, Gerindra dan Partai Gelora serta Hanura menyampaikan keberatan atas perusakan APK pasangan Eva-Deddy. 

Bacaan Lainnya

Ketua Bawaslu kota Bandarlampung Candrawangsa menjelaskan bahwa pelaporan tersebut sudah sesuai dengan peraturan Bawaslu No.8/2020 secara formil dan materil.

Untuk yang formil Harus dengan syarat E-KTP dari pelapor dan pihak yang dilaporkan, Sedangkan yang Materil itu harus dilengkapi dengan barang bukti dan alat bukti serta  kronologi  bagaimana awal perusakan di mana dan kapan serta ada dua saksi. 

Batas Dua hari untuk melengkapi laporan Candrawangsa menambahkan si pelapor harus melengkapi persyaratan karena dengan adanya dua syarat tersebut menjadi acuan bawaslu untuk menindak lanjuti untuk dibahas dengan Gakumdu yang beranggotakan  Kejaksaan dan  kepolisian agar bisa diregistrasi untuk diteruskan ke ranah pidana. 

Sementara itu jubir dari Tim Koalisi partai pendukung pemenangan Eva-Deddy mengatakan, dia dan kawan-kawan melaporkan atas tindakan perusakan APK di 38 titik dari 20 kecamatan yang tersebar di Kota Bandarlampung. 

Dia menyesalkan aksi pengrusakan APK pasangan Eva-Deddy yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab tersebut, serta seharusnya pilkada bisa berjalan dengan kondusif dan damai tanpa harus saling merusak.(*/mlo)




Pos terkait