Arinal Apresiasi PT SGC Bangun Gedung Akademi Teknik Mesin dan Industri di Tubaba

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Gubernur Lampung Ir. Hi. Arinal Djunaidi mengapresiasi peranan PT Sugar Group Companies dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan membangun Gedung Akademi Teknik Mesin dan Industri (ATMI), di Kota Wisata dan Budaya Uluan Nughik, Panaragan Jaya, Tulangbawang Barat (Tubaba).

Apresiasi itu disampaikan Gubernur Arinal saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung tersebut bersama Bupati Tubaba, Umar Ahmad dan Vice President PT Sugar Group Companies Purwanti Lee, Rabu (2/12).

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Arinal menjelaskan bahwa pendidikan sebagai salah satu pilar penting dalam meningkatkan kualitas manusia dalam kerangka pembangunan manusia seutuhnya.

“Pendidikan pada hakekatnya merupakan proses untuk membangun peradaban bangsa. Oleh karena itu, saya mengapresiasi kepada Vice President PT Sugar Group Companies Purwanti Lee yang telah mendukung mencerdaskan anak bangsa dengan turut membangun akademi teknik mesin dan industri,” ujar Arinal.

Menurut dia, tugas mencerdaskan anak bangsa sesungguhnya bukan hanya tugas pemerintah, tapi tugas semua pihak.

Arinal menuturkan bahwa antisipasi Vice President PT Sugar Group Companies Purwanti Lee sangat luar biasa.

“Dengan segala konsekuensi, ini akan menarik dan mencerdaskan masyarakat desa, sekolah akan semakin efisien, sehingga masyarakat dapat membangun daerahnya,”  ujarnya.

Kemudian, lanjut Gubernur Arinal, Tubaba, dan Mesuji tidak bisa dipisahkan. Hal ini akan terintegrasi, sehingga industri perkebunan kita kedepan akan semakin lebih baik lagi.

Arinal berharap dengan kehadiran ATMI di Kabupaten Tulangbawang Barat, dapat meningkatkan citra Provinsi Lampung. 

Ia menuturkan bahwa Pemerintah Daerah harus mengawal pembangunan ini. Dan dirinya sangat mendukung dan mensupport pembangunan ini.

Usai melakukan peletakan batu pertama, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Vice President PT Sugar Group Companies Purwanti Lee, dan Bupati Tubaba menyaksikan tarian di kawasan Uluan Ughik, kota berbasis budaya dan teknologi.

Dalam kesempatan itu, Vice President PT Sugar Group Companies Purwanti Lee, menyampaikan bahwa investasi yang dilakukan di Tulangbawang Barat bukan investasi yang bersifat masukan, bunga, dan lainnya. Tapi investasi untuk membangun SDM di Provinsi Lampung.

Dilakukannya investasi di Tulangbawang Barat, lanjut Purwanti Lee, karena dirinya melihat adanya ketekunan dan keinginan maju dari Bupati Umar Ahmad. Karena itu, dirinya sangat mendukung pembangunan Uluan Ughik di Tubaba.

“Nantinya akademi ini bukan hanya menerima calon mahasiswa dari Tulangbawang Barat, tapi juga menerima calon mahasiswa dari 14 kabupaten/kota lainnya yang ada di Provinsi Lampung,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Tubaba Umar Ahmad menjelaskan bahwa uluan ughik berarti awal mula dari kehidupan. Awalnya kawasan ini adalah kawasan hutan karet dengan luasan sekitar 1.800 hektar.

Lebih lanjut, Bupati Umar menyampaikan rasa terimakasih karena VP PT Sugar Group Company telah memutuskan untuk membebaskan tanah ini untuk turut mendukung pembangunan disini, terutama pendidikan.

“Tentunya ini akan sangat membantu sistem pendidikan di Tulangbawang Barat. Atas nama keluarga besar Tubaba sangat berterimakasih kepada ibu,” ujarnya.

Dalam acara itu, sebelum dilakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung, juga ditampilkan sajian Drumb Band Garuda Sebara dari Sekolah Vokasi Sugar Group Companies. (*/mlo)


Pos terkait