Arinal Beri Hadiah ke Citra Febrianti Peraih Medali Perak Olimpiade London 2012

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Gubernur Lampung Ir. Hi. Arinal Djunaidi memberi hadiah kepada Citra Febrianti mantan atlet angkat besi putri dan pelatihnya Eddy Santoso, yang berhasil meraih medali perak Olimpiade London 2012. 

Atlet dan pelatih asal Lampung tersebut mendapat Rp100 juta untuk Citra dan Rp50 juta untuk ddy Santoso, yang diserahkan langsung oleh Gubernur, di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur, Jumat (4/6). 

Bacaan Lainnya


“Selamat atas prestasi yang membanggakan ini,” ujar Gubernur Arinal. 

Seperti diketahui, Citra asal Pringsewu, Lampung itu sebelumnya menempati peringkat keempat kelas 53 kilogram cabang angkat besi Olimpiade London 2012. 

Untuk peringkat pertama ditempati Zulfiya Chinshanlo asal Kazakhstan, peringkat kedua Hsu Shu-ching asal Taiwan dan peringkat ketiga Christina Lovu asal Moldova. 

Namun pada 2016, Zulfiya Chinshanlo dan Christina Lovu terbukti menggunakan doping. 

Sehingga International Olympic Committee (IOC) mendiskualifikasi sekaligus mencabut Zulfiya Chinshanlo sebagai peraih emas dan Christina Lovu sebagai peraih perunggu. 

Lalu, melalui surat yang dikirim oleh IOC pada 19 November 2020 lalu, secara resmi menetapkan Citra Febrianti sebagai peraih medali perak Olimpiade London 2012. 

Arinal mengatakan Citra memang sudah sepantasnya meraih medali perak Olimpiade London 2012. 

Karena menurutnya, Citra bertanding secara sportif tanpa bantuan apapun. 

“Ini memang hak kamu karena murni untuk mencapai kemenangan,” katanya. 

Arinal menuturkan publik memang sudah mengetahui bahwa Lampung mampu melahirkan atlet-atlet peraih juara nasional bahkan dunia. 

Untuk itu, Arinal menyebutkan bersama KONI Provinsi Lampung akan terus membantu memfasilitasi para atlet untuk menggapai prestasi. 

“Bersama KONI kita akan terus membantu memfasilitasi sarana prasarana olahraga dan para atlet,” katanya. 

Ke depan, Arinal meminta agar para atlet mantan juara asal Lampung untuk terus dirangkul guna memberikan motivasi kepada atlet generasi peraih juara masa depan. 

“Mereka jangan pernah dilupakan, bangun terus silaturahmi dan juga memberikan motivasi kepada regenerasi,” katanya. 

Citra Febrianti yang kini berusia 33 tahun tersebut, sejak 2014 memilih untuk pensiun sebagai atlet angkat besi karena cedera yang dideritanya. 

Kini aktivitas Citra yakni sebagai ASN di Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung. 

Pada penyerahan hadiah itu, hadir Ketua KONI Provinsi Lampung M. Yusuf Sulfarano Barusman beserta para pengurus dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung Hannibal. (*/mlo)




Pos terkait