Arinal Dampingi Menteri Agama RI Resmikan Pembangunan Asrama Haji Lampung

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Gubernur Hi. Arinal Djunaidi mendampingi Menteri Agama Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi melakukan Penandatanganan Prasasti dalam rangka peresmian pembangunan Asrama Haji, Pusat Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT), Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) Provinsi Lampung di Gedung Orange Asrama Haji, Bandarlampung, Selasa (11/8).

Dalam peresmian tersebut, Menteri Agama RI menyampaikan rasa bangga dan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Provinsi Lampung yang mampu menjaga hubungan baik antar umat beragama, sehingga Provinsi Lampung sangat kondusif.

Bacaan Lainnya



“Kerukunan antar umat beragama di Indonesia menjadi contoh bagi dunia, terutama di masa wabah Covid-19, menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi terjalinnya kerukunan umat beragama di Indonesia, saling tolong menolong tanpa memandang Agama,” tutur Fachrul.

Kemudian berkaitan rencana Pemerintah Provinsi Lampung menjadikan Bandara Radin Inten II sebagai Embarkasi Haji penuh, Fachrul Razi menyatakan bahwa hal tersebut akan menjadi perhatian penuh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama.

Fachrul Razi juga mengungkapkan bahwa di Indonesia rata-rata waktu tunggu untuk dapat menunaikan ibadah haji adalah 20 Tahun, sehingga ada baiknya jika sedari dini sudah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dengan harapan saat pelaksanaan sudah benar-benar siap.

Sementara itu Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, pada kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa kehadiran Menteri Agama Republik Indonesia Jenderal (Purn) Fachrul Razi di Provinsi Lampung dapat Meningkatkan motivasi dan semangat dalam meningkatkan pelayanan dibidang keagamaan.

Kemudian terkait persiapan Bandara Radin Inten II sebagai Bandara Embarkasi Haji Penuh, Gubernur telah menyiapkan lahan 200 hektar untuk membangun sarana pendukung. 

“Saya meminta Runwaynya selesai di Tahun 2021, sehingga pada Tahun 2021 jamaah haji dapat berangkat langsung dari Lampung,” ujar Arinal.

Di sisi lain, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Juanda Naim, dalam laporannya menerangkan bahwa Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung intens mempersiapkan Bandara Radin Inten II dari Embarkasi Antara menjadi Embarkasi haji penuh pada tahun 2021.

Adapun terkait pembangunan Asrama Haji dan fasilitas lainnya, Juanda Naim menjelaskan bahwa fasilitas tersebut dibangun dengan menggunakan dana SBSN (Surat Berharga Syariah Negara), dimana dengan dana tersebut juga telah dibangun tujuh gedung Balai Nikah dan manasik haji di tujuh Kabupaten, dua asrama siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN), pusat layanan haji terpadu di Tubaba. (*/mlo)



Pos terkait