Arinal Komitmen Berdayakan Zakat Untuk Lampung Berjaya

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Gubernur Lampung Ir. H Arinal Djunaidi berkomitmen untuk memberdayakan zakat bagi kepentingan umat menuju rakyat Lampung Berjaya.

Hal ini disampaikan Ir. H  Arinal Djunaidi dalam acara silaturahmi dan sosialisasi bersama Ketua Umum Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI, Dr. H. Bambang Sudibyo, M.B.A., CA.

Bacaan Lainnya



Rangkayan acara bertema Pemberdayaan Zakat Untuk Umat Menuju Masyarakat Lampung Berjaya tersebut,  dilaksanakan di Gedung Pusiban, Kantor Gubernur, Bandarlampung, Senin (24/2).

Acara di isi Gubernur dengan penyerahan  surat keputusan (SK) kepada pelaksana tugas (Plt) Pimpinan Baznas Provinsi Lampung Dr. H. Abdurrahman, M.Ag., oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Ketua Baznas RI Prof. Dr. H. Bambang Sudibyo, M.B.A.,CA.

Gubernur Arinal menjelaskan bahwa Zakat adalah salah satu tiang ajaran Islam yang amat penting, Dengan zakat maka wajah kemasyarakatan dari ajaran Islam menjadi nyata. Sedangkan tanpa zakat, agama Islam menjadi tidak sempuma.

Ketika zakat  dikelola secara baik dan optimal dapat bisa dimanfaatkan untuk pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi umat.

“Untuk itu, Umat Islam sebagai komunitas mayoritas di negeri ini, terutama di Provinsi Lampung, sudah seharusnya berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pembangunan. Karena pembangunan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sangat sejalan dengan semangat ajaran Islam,” terangnya.

Arinal menjelaskan  bahwa Pemerintah Provinsi Lampung terus berkomitmen untuk meningkatkan pengumpulan zakat, infak, dan sedekah sehingga penyalurannya dapat didistribusikan secara optimal.

“Salah satu komitmen  dengan meningkatkan partisipasi aparatur pemerintah, BUMN dan BUMD dalam pengumpulan zakat di Provinsi Lampung,” pungkas Arinal.

Sementara itu Ketua Baznas RI, Bambang Sudibyo, menyatakan bahwa penyaluran zakat harus dilakukan secara transparan dan pemimpin daerah harus dapat mengajak masyarakat untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas.

“Penyaluran zakat harus dilakukan secara transparan dan syariah, selain itu pemimpin daerah juga harus bisa mengajak masyarakat menyalurkan zakatnya melalui baznas,” ucapnya.

Menutup kegiatan tersebut, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memberikan cendera mata kepada Ketua Baznas RI Dr. H. Bambang Sudibyo, M.B.A., CA. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto, Inspektur Provinsi Lampung Adi Erlansyah, S.E., M.M., Para Staf Ahli, Kaban, Karo, Kadis dan Kasatker di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.(rls/mlo)



Pos terkait