Arinal, Orang Pertama di Lampung Memiliki Uang Edisi Khusus HUT RI Ke-75

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Gubernur Lampung Ir. Hi. Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Chusnunia Chalim, M.Si, M.Kn, Ph.D., (Nunik) beserta Pimpinan Forkopimda Provinsi Lampung mengikuti Peluncuran Uang Baru Edisi Khusus Pecahan Rp75 ribu secara virtual di Balaikeratun, Senin (17/8).

Peluncuran uang baru edisi khusus pecahan Rp75 Ribu tersebut dilakukan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rangka memperingati HUT RI Ke-75, yang menggambarkan pencapaian 75 tahun pembangunan Indonesia menuju bangsa yang makmur, adil dan bermartabat.

Bacaan Lainnya



Menurut Gubernur BI Perry Warjiyo uang baru pecahan Rp75 ribu ini bergambar Proklamator RI Soekarno-Hatta berlatar kereta api dan pengibaran bendera saat Proklamasi Kemerdekaan 1945.

Sementara di sisi lain uang kertas itu, terdapat siluet ragam wajah Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan budaya. Selain itu ada gambar gambar satelit di sebelahnya.

Sementara itu, usai mengikuti peluncuran tersebut, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung, Budiharto Setiawan menyerahkan uang peringatan kemerdekaan ke-75 tahun kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, yang kemudian selanjutnya diikuti oleh Wakil Gubernur Chusnunia Chalim dan Pimpinan Forkopimda.

Menurut Budiharto Setiawan Gubernur Arinal adalah orang pertama di Lampung yang memiliki Uang Baru Edisi Khusus Pecahan Rp75 ribu sebagai bentuk apresiasi kepada pimpinan daerah.

Menurut Budiharto Setiawan juga, bahwa uang tersebut hanya dicetak sebanyak 75 juta lembar. 

Untuk mendapatkan uang peringatan 75 tahun Kemerdekaan RI, masyarakat dapat menukarkan uang rupiah senilai Rp75 Ribu secara tunai dengan satu lembar UPK 75 tahun RI yang memiliki nilai nominal senilai Rp75 ribu.

Sebelum melakukan penukaran, masyarakat harus melakukan pemesanan jadwal dan lokasi penukaran secara online pada aplikasi PINTAR di website Bank Indonesia melalui tautan https://pintar.bi.go.id.

Nantinya, setiap satu KTP hanya dapat ditukarkan untuk memperoleh satu lembar uang peringatan Kemerdekaan RI Ke-75 dengan nominal Rp75 ribu. (*/mlo)



Pos terkait