Arinal Pimpin Pembahasan Persiapan Peluncuran KPB

  • Whatsapp

Medialampung.co.id –  Gubernur Lampung Hi. Arinal Djunaidi memimpin rapat persiapan peluncuran Program Kartu Petani Berjaya (KPB) bertempat di ruang rapat utama kantor Gubernur Lampung, Kamis (3/9).

Rapat persiapan peluncuran program KPB yang direncanakan akan dilaksanakan pada awal Oktober 2020 tersebut dihadiri oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Tim Kartu Petani Berjaya, perwakilan  BRI, Bank Mandiri, Bank Lampung dan BNI.

Bacaan Lainnya



Peluncuran Kartu Petani Berjaya rencananya akan di laksanakan di desa Tempuran, Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah dan akan dihadiri langsung oleh Menteri Pertanian RI.

Lokasi tersebut juga rencananya akan dijadikan pusat perbenihan yang memenuhi berbagai persyaratan, seperti irigasi yang bagus, letaknya yang strategis hingga SDM petaninya yang sudah maju.

Menurut Gubernur Arinal, Lampung merupakan lokomotif pertanian di Indonesia. Karena itu, dirinya mengajak semua pihak untuk dengan sungguh-sungguh mempersiapkan program Kartu Petani Berjaya (KPB). 

Arinal juga berharap ada sinergitas yang baik antara perguruan tinggi, OPD terkait, pabrikan dan perbankan. Sehingga membangun sistem yang benar-benar dapat terintegrasi dengan berbagai macam kebutuhan masyarakat petani.

Arinal juga berharap agar Kartu Petani Berjaya  (KPB) nantinya tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan di bidang pertanian saja, namun diharapkan dapat digunakan sebagai sarana pembayaran tol, transaksi keuangan, dan kegunaan lain yang berkaitan dengan kemudahan akses petani untuk mendapatkan berbagai fasilitas.

“Berkaitan dengan rencana pelaksanaan launching ini, tentunya Lampung sebagai penggagas dan sebagai pelaksana awal sangat serius dalam mempersiapkannya, karena  pada akhirnya program ini akan diusulkan untuk menjadi program nasional,” ungkap Arinal.

Lanjutnya, dengan launching Kartu Petani Berjaya diharapkan masyarakat petani di Provinsi Lampung dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang telah disiapkan, seperti pemenuhan kebutuhan pupuk, bibit dan fasilitas kredit.

Terus orang nomor wahid di Lampung ini, peran Petrokimia dan Pusri sebagai penyedia pupuk, dan pihak perbankan juga sangat diharapkan peran aktifnya sebagai menentukan keberhasilan program Kartu Petani Berjaya.

“Saya ingin kerjasama kita dengan berbagai pihak dapat berjalan dengan baik, begitu juga dengan Perguruan Tinggi, dimana Kartu Petani Berjaya ini nantinya dapat dikaitkan dengan program kegiatan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa”, tutupnya.

Pada rapat persiapan tersebut juga diketahui bahwa Tim Kartu Petani Berjaya telah melakukan uji coba pelaksanaan program Kartu Petani Berjaya di desa Simbarwaringin Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah.

Sementara untuk kesiapan pihak perbankan terkait penerbitan Kartu Petani Berjaya, saat ini tengah dilakukan proses input data petani yang sudah terdaftar, sehingga diharapkan saat diluncurkan, Kartu Petani Berjaya dapat langsung dipergunakan dengan baik oleh para petani. (*/mlo)



Pos terkait