Arip Sah Komitmen Laksanakan Proses Pemilu Sesuai Aturan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar acara pisah sambut komisioner KPUD periode 2014-2019 dan periode 2019-2024 di aula Kagungan, Selasa (26/11).

Tampak hadir Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lambar, Akmal Abdul Nasir, fokopimda, sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), seluruh staf KPUD Lambar, dan undangan lainnya.

Bacaan Lainnya


Dalam sambutannya, Ketua KPUD Lambar periode 2019-2024 Arip Sah, S.Kom.,  mengapresiasi kinerja komisioner sebelumnya karena dalam kurun waktu lima tahun terakhir telah melangsungkan proses pemilu dengan baik, mulai dari pemilihan bupati, pemilihan gubernur, pemilihan anggota DPRD/DPR RI serta pemilihan presiden.

Menurut dia, di tahun 2014 menjadi salah satu fokus pihak kepolisian adalah meminimasir terjadinya konflik karena Kabupaten Lambar merupakan salah satu daerah yang masuk dalam zona merah namun berkat kerja keras jajaran KPU dan pihak kepolisian akhirnya Kabupaten Lambar keluar dari zona merah.

“Sebelumnya KPUD Lambar di cap sebagai zona merah dan sesuatu yang luar biasa pada tahun 2014 lalu kita berhasil keluar dari zona merah itu, dan itu semua tentunya berkat kerjasama semua pihak. Karena pada waktu itu saya masih mendedikasikan diri sebagai jurnalis, jadi sedikit banyaknya saya tahu tentang itu,” kata Arip Sah.

Kemudian, partisipasi masyarakat memilih tahun 2019 mencapai 85 % diatas target nasional 77,5 % dan upaya tersebut semua berkat kerja keras dan kerja tuntas jajaran komisioner sebelumnya. “Keberhasilan ini juga berkat dukungan dan support dari penerintah daerah serta partispasi parpol menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan,” ungkap dia.

Catatan-catatan tersebut, lanjut Arif Sah menjadi pekerjaan komisioner yang baru beserta jajaran agar  kedepan lebih ditingkatkan. “Kami memiliki komitmen bersama bagaimana prestasi yang diraih dapat dipertahankan dan bagaimana kami bisa menjalin koordinasi yang baik dengan seluruh komponen di Kabupaten Lambar. Kami juga berkomitmen akan melaksanaan tahapan dan proses pemilu sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujar Arif Sah

Sementara Ketua KPUD Lambar periode sebelumnya, Imtizal dalam sambutannya dengan didampingi 4 komisionernya menceritakan lika liku perjalanan mereka selama lima tahun terahir termasuk saat menggelar Pemilu hingga menjadi penyelenggara pilkada di  Kabupaten Pesisir Barat hasil pemekaran dari Lambar.

“Keberhasilan selama ini bukan hanya keberhasilan kami, melainkan atas kerja keras jajaran sekretariat juga termasuk pemerintah daerah yang selalu mendukung dan kerjasama yang baik seperti halnya Disdukcapil yang tidak henti-hentinya melayani kami untuk mengurus pendataan dan lainnya, kemudian kantor Kesbangpol dan Sat Pol PP termasuk Linmas,” kata Imtizal.

Untuk semua pihak yang sudah mendukung yang mungkin tidak bisa di sebutkan satu persatu. Dirinya mengucapkan terima kasih dan semoga jalinan kerjasama ini akan selalu terjalin hingga masa-masa yang akan datang. Yang tidak kalah pentingnya juga adalah teman-teman media yang selalu meberitakan hal positif termasuk dalam mensosialisasikan kegiatan. “Selamat untuk ketua dan komisioner yang baru, kami undur pamit,” pungkas dia

Di lain pihak, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Akmal Abdul Nasir, S.H mengatakan  uksesnya penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Lambar adalah berkat persiapan dan pelaksanaan yang mantap oleh lembaga pelaksana KPU Kabupaten Lambar,  PPK, PPS, KPPS se-Lambar.

“Untuk itu saya atas nama pemerintah Kabupaten Lampung Barat maupun pribadi memberikan apresiasi yang tinggi kepada ketua dan anggota KPU  Kabupaten Lampung Barat periode 2014–2019 yang dijabat oleh bapak H. Immtizal, S.sos. atas sumbangsih dan kinerjanya selama menjabat sebagai komisioner. Serrta selamat kepada Komisioner KPU yang baru masa bakti 2019-2024, selamat datang  dan selamat bertugas  semoga amanah dan bertanggung jawab menjalankan tugas sebagai penyelenggara pemilu,” kata Akmal.

Terkahir, pihaknya berharap kepada seluruh jajaran di Sekretariat KPU terus kompak dan selalu bekerja sama agar apa yang kita capai di masa lalu dapat terus dilanjutkan bahkan ditingkatkan pada masa mendatang. “Semoga KPU Kabupaten Lampung Barat dibawah kepemimpinan bapak Arip Sah dapat mengemban amanah untuk menyelenggarakan tahapan pemilihan umum yang akan datang dengan penuh tanggungjawab,” harapnya. (lus/mlo)




Pos terkait