ASN Dituntut Disiplin dan Profesional

  • Whatsapp
BKDPesbar menggelar pendidikan dan pelatihanpembinaan ASN dilingkungan Pemkab setempat di gedung STIT Multazam, Kecamatan Pesisir Tengah. - Foto Dok

Medialampung.co.id Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melalui Badan Kepegwaian Daerah (BKD) menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab setempat di gedung STIT Multazam, Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (30/10).

Hadir dalam kesempatan itu, Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Pesbar, Hi. Audi Marpi, M.M., Plt. Kepala BKD Pesbar, Syahrial Abadi, S.Sos., serta perwakilan ASN dari OPD di lingkungan Pemkab setempat.

Bacaan Lainnya



Dalam kesempatan itu, Audi Marpi, mengatakan diklat pembinaan ASN itu sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih handal di lingkungan Pemkab Pesbar. ASN memiliki peran penting dalam mewujudkan reformasi birokrasi berbasis kinerja.

“Karena ASN merupakan pelaksana reformasi birokrasi di Indonesia khususnya di Kabupaten Pesbar,” katanya.

Dikatakannya, peran strategis ASN sebagai pelaksana reformasi birokrasi itu menuntut ASN tidak hanya melibatkan perubahan perilaku, tapi juga menyangkut dalam pengambilan keputusan yang profesional dan berdampak pada terlaksananya reformasi birokrasi.

“Sehingga sangat diperlukan adanya peningkatan kualifikasi, kompetensi serta kapabilitas terhadap seluruh ASN,” jelasnya.

Dikatakannya, sebagai upaya untuk mewujudkan hal itu perlu dilakukan pembinaan dan pengembangan kompetensi ASN seperti yang dilaksanakan saat ini. Sehingga kedepan diharapakan dapat meningkatkan kualitas SDM seluruh ASN di lingkungan Pemkab Pesbar ini menjadi lebih handal dan profesional. Dengan begitu akan berdampak pada meningkatnya pengabdian dalam penyelenggaraan pemerintahaan serta mutu pelayanan.

“Sehingga nanti dapat memberikan citra yang baik bagi pemerintah dan masyarakat. Kita juga berharap para ASN yang mengikuti diklat pembinaan ini benar-benar serius, karena ini juga untuk menambah wawasan dan pengetahuan ASN tersebut,” imbuh Audi.

Sementara itu, Syahrial Abadi mengatakan dalam pembinaan ASN itu dijadwalkan dilaksanakan selama tiga hari yakni Rabu (30/10) sampai Jum’at (1/11) mendatang dan diikuti oleh 80 orang ASN perwakilan dari masing-masing OPD di lingkungan Pemkab setempat termasuk guru.

“Melalui diklat pembinaan ASN ini diharapkan lebih profesional dan meningkatkan kedisiplinan serta dapat memahami aturan kepegawaian dan mampu meningkatkan kompetensinya. Setelah mengikuti kegiatan ini peserta diharapkan mensosialisasikan pengetahuannya ke ASN lainnya,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)



Pos terkait