Atasi Kelangkaan, Nanang Ermanto Datangkan 99 Tabung Oksigen dari PT Pusri Palembang

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mendatangkan 99 tabung oksigen dari PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang untuk memenuhi tingginya kebutuhan masyarakat akan alat bantu pernapasan itu.

Sebanyak 96 tabung oksigen besar berukuran 6 meter kubik dan 3 tabung oksigen kecil berukuran 1 meter kubik, diangkut menggunakan dua truk engkel. Oksigen itu tiba di rumah dinas bupati sekitar pukul 15.30 WIB, Sabtu(24/7) 

Bacaan Lainnya

Setelah dilakukan pengecekan jumlah dan kondisi, tabung oksigen langsung didistribusikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar Lampung Selatan sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 di Provinsi Lampung.

“Alhamdulillah kita dapat bantuan 99 tabung oksigen CSR dari PT Pusri Palembang. Ini untuk membantu kebutuhan oksigen di RSUD Bob Bazar sebagai salah satu rumah sakit rujukan Covid-19,” ungkap Nanang.

Nanang menuturkan, kebutuhan tabung oksigen meningkat seiring melonjaknya kasus Covid-19. Untuk itu, pihaknya telah melakukan berbagai upaya termasuk membeli tabung oksigen untuk mengantisipasi kebutuhan oksigen bagi pasien yang terpapar Covid-19.

“Kita (RSUD Bob Bazar) kan rumah sakit rujukan, orang dari mana-mana datang. Jika kita tidak persiapkan segala sesuatunya, seperti oksigen, bisa berdampak pada hal-hal yang tidak kita inginkan, jangan sampai kita kekurangan oksigen,” ujarnya.

Nanang menambahkan, kondisi saat ini, diperlukan sekitar 200 tabung oksigen perhari. Memang, kebutuhan oksigen bergantung dari berapa banyaknya pasien. Semenjak Pandemi Covid-19 gelombang ke-2 melanda tanah air, kebutuhan oksigen diberbagai daerah meningkat, seiring peningkatan jumlah pasien covid-19, termasuk di Lampung Selatan. Meski demikian, pasokan oksigen di Lampung Selatan masih cukup aman. 

“Masyarakat tidak usah panik akan kekurangan oksigen. Kita sudah ada solusinya. PT Pusri sudah menyatakan siap untuk membantu. Kapan saja bisa kita minta, atau kita jemput langsung untuk isi ulang. Ini semua gratis untuk pasien Covid-19,” katanya.

“Makanya saya minta kepada pihak RSUD. Bob Bazar, Oksigen ini diprioritaskan bagi pasien yang terpapar covid-19. Oksigen ini gratis, jangan ada pungutan-pungutan,” tambah Nanang.

Nanang berpesan kepada seluruh masyarakat Lampung Selatan khususnya, untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan cara menerapkan protokol kesehatan. Masyarakat harus lebih disiplin menjalani protokol kesehatan. Jangan melepas masker saat berjumpa atau bertemu dengan orang lain. 

“Kita sosialisasikan kepada seluruh Camat, Kades, Calon Kades, Uspika Kecamatan, untuk secara bersama memutus mata rantai penyebaran covid-19. Kita juga meminta mereka untuk mensosialisasikan protokol kesehatan. Kemarin juga dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, untuk ikut membantu mensosialisasikan protokol kesehatan,” pungkasnya. (rls/yud/mlo)


Pos terkait