Aula Dinkes Lampung Sesak Pemohon Pembuatan Surat Bebas Covid-19

  • Whatsapp
foto dedi/mlo

Medialampung.co.id – Aula Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung tepatnya di Jl. Doktorsusilo, Pahoman, Kecamatan Enggal, Kota Bandarlampung dipenuhi ratusan masyarakat yang dari berbagai daerah, Senin (18/5).

Tujuannya untuk mendapatkan surat keterangan bebas Covid-19 sehingga bisa melakukan perjalanan ke luar daerah.

Bacaan Lainnya



Antrian pembuatan surat tersebut terlihat mengular. Tempat duduk yang disediakan tak mampu menampung jumlah masyarakat yang datang, sehingga banyak diantaranya berkerumun dan tidak mengindahkan himbauan untuk physical distancing.

Sementara petugas medis yang melayani masyarakat berjumlah 10 orang dengan tugas masing-masing. 

Dua orang melakukan pengecekan suhu tubuh, dua orang mengatur antrian, lima lainnya melakukan pengecekan rapid test, dan satu orang melakukan pengecekan administrasi.

“Dalam sehari sekitar 200 orang lebih membuat surat keterangan bebas covid. Pelayanan kami batasi, mulai pukul 8.00 wib sampai 12.00 siang. Pelayanan ini sampai Rabu 20 Mei 2020,” ujar Didit, salah satu petugas medis saat dimintai keterangan. 

Sementara salah satu warga Bandarlampung yang enggan disebut namanya mengaku, ia meminta surat bebas Covid-19 karena ingin mengunjungi anaknya di Bandung yang sedang sakit dan dirawat di ruang Intensive Care Unit (ICU).

“Kemarin saya sudah sampai Pelabuhan Bakauheni, tapi disuruh putar balik karena tidak punya surat sehat. Saya harus ke Bandung karena anak saya dari kecelakaan, kalau bukan karena itu, saya juga tak bakal ke sana,” bebernya.

Ia mengaku hanya menyerahkan surat keterangan dari lurah setempat. “Saya pakai surat pengantar dari lurah, tadi di dalam juga saya udah jelasin sama petugas medisnya kalau anak saya sakit, saya ingin menemuinya,” jelasnya. (ded/mlo)



Pos terkait