Awas! Penipuan WhatsApp Berkedok Peratin Kembali Merebak

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Masyarakat kini harus ekstra hati-hati, jika terdapat nomor tak dikenal yang menghubungi dan mengatasnamakan pejabat seperti peratin, yang meminta kirim pulsa atau transfer uang, maupun dalam bentuk lain untuk dikonfirmasi langsung ke peratin bersangkutan.

Pasalnya, saat ini tengah merebak dan jadi keluhan banyak peratin, ada kontak seperti kontak WhatsApp (WA) mengatasnamakan peratin dengan ada foto yang bersangkutan minta kirim pulsa, atau transfer uang ke warga.

Bacaan Lainnya

Seperti yang dialami Peratin Sumberalam, Kecamatan Airhitam M.Husain, beberapa warganya menanyakan kebenaran terkait adanya pesan WhatsApp (WA) baru yang mencatut foto dan namanya untuk meminta kiriman pulsa senilai Rp300 ribu, bahkan ada juga yang meminta transfer uang segera dengan alasan mendadak dan sedang dalam perjalanan.

“Kejadian ini ternyata banyak dialami rekan peratin lainnya. Yang menjadi keanehan kami mereka dapat foto dari mana, dan mengetahui nomor WA warga kami seperti pemilik counter atau pengusaha toko di pekon,” katanya.

Terkait hal itu, Husain minta masyarakat dimana saja, agar jangan mudah percaya, dan baiknya melaporkan ke peratin masing-masing jika menerima SMS, WA dan lainnya seperti minta transfer uang atau pulsa. 

Terpisah Peratin Tigajaya Kecamatan Sekincau Prayetno membenarkan saat ini tengah merebak beredarnya WA ke warga dengan foto peratin seperti dirinya minta transfer pulsa. “Saya berharap warga jangan terjebak dengan modus penipuan seperti ini. Karena ini tidak benar,” tegasnya. (r1n/mlo)

Pos terkait