Awasi Pilkada, Bawaslu Pesbar Terapkan Aplikasi Siwaslu

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebagai upaya untuk memaksimalkan pengawasan dalam masa tenang hingga pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara di Pilkada serentak 2020 mendatang. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) akan melakukan pengawasan berbasis online.

Anggota Bawaslu Pesbar Koordinator Divisi Pencegahan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, Heri Kiswanto, mengatakan dalam pengawasan Pilkada serentak 2020 selain dilakukan secara langsung juga akan dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi Sistem Pengawasan Pemilu (Siswaslu) untuk tingkat Nasional dan Sistem Penghitungan (Sipitung) untuk tingkat Kabupaten/Kota.

Bacaan Lainnya

“Dalam pengawasan pada Pilkada yang dilakukan melalui aplikasi secara online itu juga sesuai dengan instruksi Bawaslu RI,” katanya, Selasa (24/11).

Dijelaskannya, dalam waktu dekat program Siwaslu dalam pengawasan masa tenang, pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan suara itu akan disosialisasikan ke seluruh jajaran pengawas di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kita berharap penerapan aplikasi secara online untuk pengawasan Pilkada serentak 2020 itu benar-benar dapat dipahami oleh jajaran pengawas di tingkat TPS,” jelasnya.

Masih kata dia, sebelumnya Bawaslu Pesbar juga telah melakukan inovasi untuk mengembangkan aplikasi serupa yakni Sipitung yang merupakan aplikasi berbasis GSM sebagai tabulasi suara masing-masing pasangan calon dari hasil pemungutan pada hari pemungutan suara tanggal 9 Desember 2020 nanti. Artinya, semua perolehan suara masing-masing paslon nanti bisa terekap secara otomatis berdasarkan data dilapangan dan aplikasi itu juga akan digunakan di Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Lampung.

“Dengan memaksimalkan penerapan aplikasi itu mudah-mudahan dapat meminimalisir terjadinya pelanggaran pemilihan yang bakal terjadi,” katanya.

Sementara itu, masih kata Heri, untuk penerapan aplikasi Siwaslu yang akan dilakukan secara Nasional oleh Bawaslu tentunya sangat baik untuk mengontrol hasil pengawasan secara berjenjang sesuai fakta-fakta yang ada di TPS. Karena itu, dalam pelaksanaan pemungutan hingga rekapitulasi hasil penghitungan suara nanti pengawas TPS akan melaporkan secara online terhadap semua hasil pengawasan berdasarkan fakta yang terjadi dilapangan.

“Bawaslu Pesbar juga dapat memantau hasil laporan dan menilai ada atau tidaknya dugaan pelanggaran berdasarkan hasil laporan online pengawas TPS tersebut,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait