Ayo Divaksin Booster, 15 Puskesmas di Lambar Siap Melayani

Kepala Dinas Kesehatan Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B.

Medialampung.co.id – Masyarakat Kabupaten Lampung Barat sudah bisa mendapatkan vaksinasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dosis ketiga (Booster) di 15 puskesmas yang ada di kabupaten setempat. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., mengungkapkan, program vaksin booster ini dilakukan gratis untuk masyarakat . Sasaran vaksinasi booster ditujukan bagi masyarakat berusia 18 tahun ke atas dengan prioritas Lansia dan penderita imunokompromais dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau 2 kali suntik dan minimal 6 bulan setelah penyuntikan dua dosis.

Bacaan Lainnya

“Seperti diketahui, vaksinasi booster ini penting diberikan sebagai komitmen dari pemerintah untuk melindungi seluruh masyarakat Indonesia dari ancaman Covid-19,” ungkapnya. 

Dijelaskan, untuk vaksin primer Sinovac atau vaksin dosis pertama dan kedua Sinovac akan diberikan vaksin booster setengah dosis Pfizer atau AstraZeneca. Untuk vaksin primer AstraZeneca atau vaksin dosis pertama dan kedua AstraZeneca akan diberikan vaksin booster setengah dosis Moderna.

“Seluruh kombinasi ini, sudah mendapatkan persetujuan dari BPOM dan juga rekomendasi dari ITAGI. Kombinasi vaksin booster juga sudah sesuai dengan rekomendasi WHO di mana pemberian vaksin booster dapat menggunakan vaksin yang sejenis atau homolog atau juga bisa vaksin yang berbeda atau heterolog, sehingga masyarakat Lambar tidak perlu khawatir karena dipastikan aman,” kata dia.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk bisa datang ke Puskesmas khususnya bagi masyarakat yang telah memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin dosis ketiga tersebut. (nop/mlo)

Pos terkait